12 Safar 1443  |  Senin 20 September 2021

basmalah.png

Sepuluh Keutamaan dari Shalat Subuh

Fiqhislam.com - shalat subuh merupakan shalat dua rakaat yang dilaksanakan di waktu fajar sebelum terbit matahari. Meskipun hanya terdiri dari dua rakaat, tapi shalat subuh sangat berat dilakukan. Karena saat ini adalah saat dimana orang sedang nyenyak-nyenyaknya tidur.

Sulitnya bangun untuk shalat subuh juga disebabkan karena malam harinya kebanyakan orang begadang hingga larut, entah lembur atau hanya untuk hura-hura. Padahal, shalat subuh berjamaah terutama bagi kamu lelaki sangat penting dan banyak keutamaannya.

Inilah 10 keutamaan yang membuat kam tiakkan pernah meninggalkan shalat subuh :

Mendapatkan Ganjaran shalat Malam Sepenuh Waktunya

shalat / flickr.com

Tidak mungkin kita dapat mengerjakan shalat malam semalam penuh sedangkan di siang harinya kita kita juga melakukan aktivitas harian kita. Tapi dengan shalat subuh berjamaah, pahalanya dihitung setara dengan shalat malam semalam penuh.

Jamaah shalat Subuh Disaksikan oleh Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah Ta'ala yang paling taat. Dengan melaksanakan shalat subuh, para malaikat akan menyaksikan kita.

shalat berjamaah / commons.wikimedia.org

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat subuh dan shalat ashar. Kemudian yang beralam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, 'Bagaimana kondisi hamba-hambaKu ketika kalian tinggalkan?'. Para malaikat menjawab, 'Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat." (HR. Bukhari-Muslim)

Keselamatan dari Siksa Neraka

Ilustrasi siksa neraka / fatosdesconhecidos.com.br

Berita gembira dan bisa kita lakukan setiap hari, yaitu terhindari dari siksa neraka dengan melakukan shalat subuh secara sempurna, yang artinya berjamaah. Dari Umarah Radhiallahu 'anhu berkata, "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,  'Tidak akan masuk neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (subuh) dan terbenamnya matahari (ashar)." (HR. Muslim)

Mendapatkan Berkah dari Allah Ta'ala

Mendapat berkah dari Allah Ta'ala / nunn.asia

Allah Ta'ala akan memberikan berkah bagi siapapun umat Islam yang melaksanakan aktivitas wajib di pagi hari, seperti shalat subuh dengan berjamaah. Bahkan, shalat subuh berjamaah telah didoakan agar mendapatkan berkah.

Berada dalam Jaminan Allah Ta'ala

Berada dalam jaminan Allah Ta'ala / pinterest.com/musavirpasha

Allah Ta'ala akan memberikan jaminan pada orang yang melaksanakan shalat subuh dengan berjamaah. Artinya orang tersebut akan mendapatkan perlindungan dari Allah Ta'ala, tidak boleh disakiti dan jika disakiti maka akan menerima azab dari Allah Ta'ala karena telah melanggar perlindungan yang telah Allah Ta'ala berikan.

Kaligrafi nama Allah Ta'ala / jhangtv.com

 

Kemenangan dengan Melihat Allah Ta'ala di Hari Kiamat

Ini juga merupakan kabar gembira yang didengar oleh umat Islam, mereka dapat bertemu dengan Allah Ta'ala. Syaratnya mereka harus bisa menjaga shalat subuh berjamaah, maka Allah Ta'ala akan memberikan keberkahan tersebut.

Berpeluang Mendapatkan Pahala Haji atau Umrah bila Berdzikir sampai Matahari Terbit

shalat subuh berjamaah setara pahala haji dan umrah sempurna / content.time.com

MasyaAllah, begitu besarnya pahala shalat subuh berjamaah hingga pahalanya bisa seperti berhaji dan berumrah. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barang siapa yang shalat subuh berjamaah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah Ta'ala hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmdzi)

Mendapatkan Cahaya yang Sempurna pada Hari Kiamat

Mendapatkan pertolongan berupa cahaya di hari kiamat / afterthewarning.com

Ketika waktu shalat subuh, umumnya masih sangat sepi dan terkadang lampu jalan sudah mati. Jadi jangan takut jangan ragu melangkahkan kaki menuju masjid, karena Allah Ta'ala akan memberikan pahala yang besar dan hal ini dapat menjadi cahaya yang sempurna di hari kiamat kelak.

Kesempatan untuk Melaksanakan shalat Sunah Subuh

Dapat melaksanakan shalat sunnah subuh / shutterstock.com

Jangan sepelekan shalat sunah sebelum subuh, karena dengan melaksanakan shalat subuh berjamaah kita bisa melaksanakan shalat sunah sebelum subuh yang tentunya memiliki kelebihan.

Dibebaskan dari Sifat Orang Munafik

Terhindar dari sifat munafik / jlcauvin.com

Dengan menjalankan shalat subuh secara berjamaah, salah satu keutamaannya adalah kita bisa terhindar dari sifat kemunafikan yang belakangan menerpa banyak orang.

Itulah keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan shalat subuh berjamaah. Niatkan di dalam hati dan diri kita bahwa kita bisa dan kita mampu melaksanakan shalat subuh berjamaah. Niatkan disertai dengan tindakan, InsyaAllah, Allah Ta'ala akan memperlancar niat kita. [yy/viva]