12 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 06 Desember 2022

basmalah.png

Malaikat Penjaga Pintu Surga dan Orang yang Pertama Kali Mengetuknya

Malaikat Penjaga Pintu Surga dan Orang yang Pertama Kali Mengetuknya

Fiqhislam.com - Surga menjadi tempat yang didambakan oleh orang-orang yang beriman. Menurut sejumlah riwayat, tempat terindah tersebut akan dijaga oleh malaikat penjaga pintu surga yang bernama Ridwan.

Salah satu riwayat yang menerangkan nama Ridwan sebagai penjaga pintu surga adalah hadits yang berasal dari Anas bin Malik RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika masuk malam pertama bulan Ramadan Allah SWT memanggil Ridwan untuk membuka pintu surga dan memanggil Malik untuk menutup pintu neraka" (HR Baihaqi dalam Syu'abul Iman).

Allah SWT menciptakan para malaikat penjaga surga yang bertugas menangani urusannya. Syaikh Abdul Majid Az-Zandani dalam Ensiklopedi Iman mengatakan, penjaga pintu surga akan membukakan pintu untuk orang-orang yang memasukinya.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Hadil Arwah ila Biladil Afrah yang diterjemahkan oleh Zainul Maarif mengatakan, penjaga pintu surga menyambut para penghuni surga dengan ucapan "Salam sejahtera untuk kalian semua."

Hal ini bersandar pada firman-Nya dalam surah Az Zumar ayat 73:

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ اِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءُوْهَا وَفُتِحَتْ اَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ ٧٣

"Orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan sehingga apabila mereka telah sampai di sana dan pintu-pintunya telah dibuka, para penjaganya berkata kepada mereka, "Salāmun 'alaikum (semoga keselamatan tercurah kepadamu), berbahagialah kamu. Maka, masuklah ke dalamnya (untuk tinggal) selama-lamanya!"

Orang yang Pertama Mengetuk Pintu Surga

Dalam kitab Al Iman karya Ibnu Taimiyah disebutkan suatu riwayat yang menjelaskan bahwa orang pertama yang mengetuk pintu surga adalah Rasulullah SAW. Hadits ini berasal dari Anas bin Malik RA.

Rasulullah SAW bercerita, "Pada hari kiamat aku mendatangi pintu surga kemudian minta untuk dibukakan. Penjaga surga bertanya, 'Siapakah engkau?' Para malaikat menjawab, 'Ia adalah Muhammad.' Malaikat penjaga surga berkata, 'Aku diperintahkan untuk tidak membukakan pintu bagi siapapun sebelum dirimu'," (HR Muslim).

Sementara itu, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dan Ibnu Abi Ad-Dunya dalam bukunya Inilah Surga menjelaskan, Rasulullah SAW adalah orang yang pertama mengetuk pintu surga, namun beliau didahului oleh seorang perempuan yang melayani anak yatim. Abu Hurairah RA meriwayatkan dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda:

"Aku adalah orang yang pertama kali membuka pintu surga, namun aku didahului seorang perempuan. Aku bertanya kepadanya, 'Mengapa engkau mendahului, dan siapakah engkau?' Perempuan tersebut menjawab, 'Aku adalah seorang perempuan yang melayani anak yatim'."

Hal itu disebutkan dalam hadits "Aku adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu surga. Telinga tidak pernah mendengar suara yang lebih indah daripada gemerincing rantai dari daun-daun pintu itu," (HR Ibnu An-Najjar dari Anas bin Malik, status hadits ini shahih).

Para malaikat penjaga pintu surga akan memanggil orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat yang berasal dari Abu Hurairah dan disepakati keshahihannya:

"Barang siapa menginfakkan hartanya di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh tiap-tiap penjaga pintu surga, 'Wahai Fulan! Kemarilah!' Abu Bakar bertanya, 'Adakah orang yang dipanggil oleh semua penjaga pintu surga?' Rasulullah SAW menjawab, 'Ya, dan kuharap engkau salah satunya." wallahu A'lam. [yy/kristina/detik]