<
pustaka.png
basmalah.png

Syafaat dari Al-Quran Lebih Besar dari Syafaat Malaikat maupun Nabi

Syafaat dari Al Quran Lebih Besar dari Syafaat Malaikat maupun Nabi

Fiqhislam.com - Orang yang senantiasa membersamai dirinya dengan Al Quran akan mendapatkan syafaat di akhirat darinya. Bahkan syafaat dari Al Quran jauh lebih besar dari malaikat maupun Nabi.

Pakar Ilmu Al Quran KH Ahsin Sakho mengatakan, syafaat yang akan diberikan Al Quran akan diberikan kepada orang yang berhak menerimanya di akhirat. Bahkan syafaat dari Al Quran, kata beliau, lebih besar dari yang lainnya bahkan dari malaikat dan Nabi sekalipun.

"Mengapa demikian? Karena malaikat dan Nabi keduanya adalah makhluk Allah, sedangkan Al Quran adalah Kalam Allah sendiri," kata Kiai Ahsin.

Kiai Ahsin menjabarkan, mereka yang akan mendapatkan syafaat Al Quran adalah para sahabatnya yang selalu setia membersamai Al Quran. Membersamai Al Quran ke manapun dan sampai kapanpun.

Beliau menjelaskan, jika Al Quran selalu dibaca, dipelihara, dipuji, diterapkan, maka Al Quran akan membalas kasih sayang tersebut dengan cara-cara yang lain. Asalkan seseorang itu memiliki rasa ikhlas dalam dirinya saat hidup bersama Al Quran.

“Orang yang memperhatikan Al Quran itu disebut sebagai shahibul-quran, hamilul-quran, hafizhul-quran. Martabatnya berbeda dengan orang-orang yang tidak termasuk dalam golongan ini,” kata Kiai Ahsin.

Adapun martabat yang paling tinggi bagi orang yang mencintai Al Quran disebut sebagai ahlul-quran. Kiai Ahsin menjelaskan, orang yang telah sampai pada martabat ahlul-quran dianggap sebagai keluarganya Allah. Orang dalam kategori martabat seperti ini merupakan orang-orang yang sudah bisa mengamalkan apa-apa yang ada di dalam Al Quran. [yy/imas damayanti/republika]

 

top