fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


28 Sya'ban 1442  |  Sabtu 10 April 2021

Allah Berikan 2 Modal Utama untuk Kita

Allah Berikan 2 Modal Utama untuk Kita

Fiqhislam.com - Selama kita hidup di dunia ini Allah SWT telah memberikan modal yang paling utama. Modal itu sangat berharga, hingga tak ternilai harganya. Keduanya sangat berperan penting dalam hidup kita. Bila kita menggunakan keduanya, maka segala tantangan kehidupan ini akan mudah untuk dipecahkan. Apa sajakah modal utama itu?

Modal tersebut adalah “hati dan otak”. Di dalam hati harus dipenuhi dengan iman. Karena imanlah yang membuat kita mampu berdiri tegak. Karena iman yang tangguhlah seseorang berani berbuat apapun. Dan karena imanlah, seseorang meyakini apa yang di luar nalarnya.

Begitu pula dengan otak. Otak kita harus terisi pula dengan akal yang cerdas. Akal adalah alat untuk mencari jalan di setiap kerumitan. Akal adalah kunci jawaban di setiap persoalan. Karena itu, kita hanya butuh waktu beberapa saat saja untuk mefokuskan pikirannya hingga akalnya maksimal dan menghasilkan ide-ide brilliant untuk menyelesaikan kesempitan dan persoalan hidupnya.

Sepelik apa pun persoalan dalam hidup kita, kita cukup mengalokasikan waktu 1 atau 2 jam untuk berpikir (tafakkur). Lalu otak pun dimaksimalkan untuk berpikir mencari ide penyelesaian masalah. Iman pun dikuatkan tentang keyakinan pada Allah SWT. Maka insya Allah dalam waktu 1 sampai 2 jam, kita akan mendapatkan ide ditunggu-tunggu. Sebuah ide brilliant yang mampu membuat kita terperangah. Seolah-olah kita tidak percaya bahwa kita akan bisa memperoleh ide sedemikian hebatnya.

Oleh karena itu, beriman dan berpikirlah. Gunakanlah anugerah yang telah Allah SWT berikan dengan baik. Karena dengan begitu, seberat apapun tantangan maupun ujian yang kita terima, insya Allah kita akan mampu mengatasinya.

yy/islampos