5 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 29 Nopember 2022

basmalah.png

Jangan Abaikan Suhu Tubuh Anak Naik Mendadak

Jangan Abaikan Suhu Tubuh Anak Naik Mendadak


Fiqhislam.com - Kondisi lingkungan yang lembap akan memancing nyamuk berkembang biak dengan cepat. Salah satu masalah dari kondisi ini adalah semakin banyaknya nyamuk aedes aegypti yang berkeliaran di rumah Anda. Risiko penyakit demam berdarah pun semakin tinggi.

Ini sangat berisiko pada si kecil. Jika virus dari nyamuk tersebut masuk ke dalam tubuh anak, maka dipastikan demam berdarah akan diderita. Ditambah lagi bila kondisi kesehatan si anak sedang tidak fit.

Lebih jelas lagi, dilansir dari Mom Junction, demam berdarah dapat muncul pada anak Anda jika anak Anda telah digigit nyamuk yang terinfeksi membawa virus dengue. Jenis nyamuk yang paling umum yang membantu penyebaran demam berdarah lebih jauh adalah nyamuk macan betina. Ini adalah jenis nyamuk yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Asia Tenggara dan juga dikenal dengan nama nyamuk harimau Asia. Tanda pembeda utama pada nyamuk betina betina adalah garis hitam dan putih di seluruh kaki dan tubuhnya.

Terkait dengan gejala yang bakal dirasakan si anak setelah virus ini masuk ke dalam tubuh ialah dalam banyak kasus, anak Anda mungkin tidak menunjukkan gejala yang mengarah pada demam berdarah. Beberapa anak mungkin menunjukkan gejala ringan yang biasanya muncul kapan saja dalam 4 hari sampai 2 minggu setelah mereka pertama kali mendapat gigitan dari nyamuk pembawa demam berdarah. Gejalanya, begitu mereka muncul, akan bertahan sekitar 2 sampai 7 hari.

Jika anak Anda terkena demam berdarah, Anda harus memperhatikan tanda dan gejala berikut.

  • Pilek.
  • Ruam kulit kecil atau beberapa ruam kulit.
  • Sedikit batuk.
  • Suhu mendadak yang bisa menjadi demam tinggi dengan sangat cepat.

Dalam kasus anak yang lebih besar, gejalanya akan menjadi sebagai berikut:

Rasa sakit secara terus menerus di balik mata dan di berbagai sendi di tubuh. Suhu tinggi mendadak muncul dengan sangat cepat. Nyeri di punggung dan sakit kepala. Anak Anda mungkin tampak mudah memar. Mendadak berdarah dari berbagai bagian tubuh, seperti gusi atau hidung.

Alasan kondisi ini bisa terjadi adalah anak Anda akan mengalami trombosit yang rendah akibat demam berdarah. Trombosit adalah komponen penting dari darah anak Anda dan membantu darah menggumpal, sehingga mencegah pendarahan yang berlebihan. Dalam kasus normal, kadar platelet biasanya antara 150000 dan 450000 per ml.

Apalagi anak Anda kemungkinan besar juga akan mengalami ruam kulit yang akan terlihat seperti bercak merah dan putih pada kulit. Ruam juga bisa gatal dan mungkin muncul setelah beberapa hari saat demam dimulai.

Begitu ruam yang merata muncul di kulit, Anda akan bisa melihat lebih banyak tanda dan gejala demam berdarah pada anak-anak seperti berikut ini: Mual dan muntah. Perasaan gatal yang konstan di telapak kaki. Turun atau hilang nafsu makan total.

Terlepas dari semua gejala di atas, jika anak Anda terkena demam berdarah, Anda akan memperhatikan bahwa anak Anda terus merasa lelah dan lelah, meski beristirahat dan tidur nyenyak. Perasaan yang sama dapat berlanjut untuk beberapa lama bahkan setelah anak Anda benar-benar pulih dari demam berdarah.

Untuk itu, sebagai orangtua, Anda harus bisa memastikan bahwa anak Anda sehat di dalam rumah pun juga saat berada di luar rumah. Berikut adalah beberapa hal lain yang harus Anda coba dan jaga untuk mencegah berkembang biak nyamuk dan untuk membantu anak Anda digigit satu:

Pastikan bahwa Anda menggunakan layar anti-nyamuk khusus dan jaring pada kusen pintu dan kusen jendela Anda. Selalu mencari tanda-tanda air mata atau luka dan memperbaiki atau mengganti layar yang rusak karena nyamuk dapat menggunakan ruang terbatas untuk masuk melalui potongan dan datang di sekitar tempat tinggal anak Anda. Tutupi layar hingga sore hari, dan jika Anda memiliki sejumlah besar nyamuk di daerah Anda, jaga agar layar tetap tertutup setiap saat sepanjang malam.

Buat anak-anak Anda memakai pakaian yang akan membuat hampir semua bagian tubuh mereka tertutup. Bantu mereka untuk berpakaian dengan pakaian yang memiliki lengan panjang, celana celana panjang atau legging panjang serta meminta mereka untuk mengenakan kaus kaki dan sepatu yang benar setiap kali mereka keluar dari rumah.

Gunakan kelambu di atas tempat tidur anak Anda untuk mencegah munculnya nyamuk tanpa disengaja yang bisa menggigit anak-anak Anda saat mereka tidur. Anda dapat memeriksa dengan dokter anak Anda tentang obat nyamuk yang dapat Anda gunakan dengan aman di sekitar anak-anak Anda. Gunakan di rumah dan juga tanyakan tentang krim atau lotion yang bisa Anda terapkan untuk anak Anda agar nyamuk tidak menggigit anak Anda. Pastikan bahwa sebelum anak-anak Anda keluar rumah setiap kali, mereka terlebih dahulu menerapkan krim pengusir nyamuk atau lotion dan baru kemudian melangkah keluar.

Mintalah anak-anak Anda untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di luar rumah dan bukannya melakukan sesuatu yang lebih kreatif dan menyenangkan di dalam rumah. Jika anak-anak Anda bermain di luar, pastikan mereka kembali ke rumah dengan waktu yang tepat sebelum matahari terbenam. Juga, pastikan mereka tidak bermain di daerah di mana rumputnya tinggi dan di mana ada genangan air di sekitar. Bintik-bintik semacam itu bisa menjadi tempat berbahaya di mana nyamuk berkembang biak, dan anak Anda akan memiliki kesempatan tinggi untuk mendapatkan gigitan nyamuk.

Berhati-hatilah bahwa Anda mencoba meghilangkan sebanyak mungkin tempat berkembang biak bagi nyamuk mungkin. Nyamuk berkembang biak dengan cepat dan baik di tempat di mana ada genangan air. Jaga rumah Anda dan area di sekelilingnya sesering dan sebersih mungkin. [yy/okezone]