5 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 29 Nopember 2022

basmalah.png

Haid Tidak Teratur? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

Haid Tidak Teratur? Jangan Panik, Atasi dengan Cara IniFiqhislam.com - Seorang perempuan pasti bertanya-tanya jika 'tamu bulanannya' tak kunjung datang. Sebab haid atau menstruasi yang dtang terlambat kerap dikaitkan dengan kehamilan tak direncanakan atau masalah hormonal.

Jangan panik jika Anda mengalami masalah ini, sebab ada cara-cara rumahan untuk mengatasinya.

Dikutip dari Boldsky, Senin (1/4/2013), seorang perempuan biasanya mengalami menstruasi untuk pertama kalinya di usia 12-13 tahun. Namun beberapa perempuan mendapatkan menstruasi pertama di usia 9-10 tahun, tergantung fisiologi alamiahnya.

Nah, siklus menstruasi perempuan dipengaruhi berbagai macam hal baik psikologos maupun hormonal. Karena hal itulah ada yang mengatakan bahwa menstrusi merupakan refleksi dari pikiran seorang wanita, sedangkan periodenya didasarkan pada keadaan psikologis pikiran setiap wanita.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan menstruasi terlambat adalah kecemasan, stres, depresi, obat-obatan, kurang tidur, aktivitas yang berat, menopause dan ovulasi tertunda. Selain itu sindroma ovarium polikistik dan kista endometriosis juga bisa membuat seorang perempuan melewatkan waktu menstruasinya.

Konsumsi pil KB dan terapi hormonal juga menjadi salah satu sebab 'tamu bulanan' terlambat datang. Faktor lainnya adalah iritasi usus, TBC, penyakit hati dan diabetes. Kadang-kadang ibu menyusui juga mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Berikut ini cara rumahan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Namun jika keluhan ini masih berlanjut, segeralah melakukan konsultasi medis.

1. Wijen dan Jaggery (Gur)

Sangrai biji wijen hitam atau putih lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Lalu campur bubuk tersebut dengan jaggery dan konsumsilah di pagi hari saat perut masih kosong. Racikan ini dipercaya membantu mengatur siklus menstruasi dengan segera.

Jaggery adalah pemanis alami yang terbuat dari hasil konsentrasi jus tebu, memiliki warna yang gelap dan kasar. Proses pembuatan jaggery mirip dengan pembuatan sirup maple. Pemanis alami ini kaya akan zat besi dan berfungsi untuk menghilangkan racun di paru-paru.

2. Jus Ara

Jus buah ara juga dipercaya bisa mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika Anda kesulitan mendapatkan buah ara, gantilah dengan pepaya. Sebab makan pepaya juga bisa mengatasi berbagai keluhan seputar menstruasi.

3. Jintan

Cara lain mengatasi menstruasi yang tidak teratur adalah dengan mencampur setengah cangkir konsentrat jintan dengan minyak til (dikenal pula sebagai gingelly atau minyak wijen) dan jaggery.

4. Diet Sehat & Olahraga

Makan makanan sehat yang lengkap nutrisi dan olahraga secara teratur bisa membantu untuk membuat menstruasi lebih teratur. Makanan apa yang dianjurkan? Makanan yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 baik untuk kesehatan rahim. Latihan kardio ringan tiga kali seminggu juga dianjurkan dilakukan perempuan dengan menstruasi yang tidak teratur.

5. Yoga

Manfaat yoga sangatlah banyak, antara lain mengobati berbagai penyakit. Satu jam yoga dengan trikonasana, baddhakonasana, surya Namaskara diikuti Kapala bharti (15 kali) dan nadi shuddhi pranayama sangat membantu untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Terapi yoga ini juga membantu mengurangi fibroid dan kista.

6. Teh Hijau

Teh hijau dicampur dengan herbal alami seperti kulit manjishta, madu dan neem dapat menjadi obat yang sempurna untuk anemia. Ramuan ini juga membantu membersihkan darah. Minum ramuan ini secara teratur bisa mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

7. Pare

Meski pahit, buah hijau yang satu ini kaya manfaat. Salah satunya untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Minumlah jus pare secara teratur untuk mendapatkan menstruasi yang teratur.

8. Tidur yang Baik

Tidur yang cukup setiap hari merupakan 'obat' yang baik. Karena itu penting bagi Anda untuk tidur setidaknya 6-8 jam dalam sehari. Tidur yang terganggu bisa menyebabkan berbagai ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.

9. Bunga Pisang

Gulai bunga pisang tidak hanya enak dimakan tetapi juga bisa menjadi 'obat' yang berkhasiat untuk masalah menstruasi yang tidak teratur. Makanan ini semakin enak dimakan bersama nasi, atau yogurt tawar bagi Anda yang suka.

10. Tetap Tenang

Tetap tenang dan bebaskan diri dari stres memainkan peranan penting untuk membuat siklus menstruasi Anda berjalan teratur. Bebas dari kecemasan, depresi, dan ketegangan akan mendukung siklus menstruasi yang teratur. [yy/health.
detik.com]