9 Safar 1443  |  Jumat 17 September 2021

basmalah.png

Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Cegah Lahir Prematur dan Cacat Janin

Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Cegah Lahir Prematur dan Cacat Janin

Fiqhislam.com - Kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil. Nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti folat, dapat mencegah berbagai komplikasi kehamilan dan mendukung perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan.

Kacang hijau juga mengandung nutrisi lain seperti protein, serat, dan vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan antioksidan hingga protein.

Dari mencegah bayi lahir cacat hingga menyehatkan pencernaan, berikut manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

1. Mencegah kelahiran prematur

Zat besi dalam kacang hijau membantu mencegah anemia. Saat ibu hamil kekurangan darah, maka kondisi tersebut harus segera diatasi. Anemia pada ibu hamil bisa memicu bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

2. Mencegah bayi lahir cacat

Vitamin B9 atau folat dalam kacang hijau begitu tinggi. Folat merupakan nutrisi yang berperan besar dalam mencegah terjadi spina bifida atau kelainan tulang belakang dan sumsum tulang belakang yang membuat anak lahir dalam kondisi cacat. Folat juga akan menurunkan risiko bibir sumbing dan kelainan pertumbuhan lainnya.

3. Membantu perkembangan otak janin

Folat juga penting untuk perkembangan otak bayi. Apabila ibu kekurangan folat, bayi berisiko terlahir dengan kondisi anencephaly, yang membuat bagian-bagian penting dari otak tidak terbentuk dengan sempurna.

4. Mendukung perkembangan janin

Kacang hijau kaya akan protein yang berperan membentuk jaringan janin, termasuk jaringan otak. Protein juga akan membantu pertumbuhan jaringan rahim dan payudara pada ibu hamil, sehingga bisa menyesuaikan kondisi kehamilan. Nutrisi ini juga dapat meningkatkan suplai darah di tubuh.

5. Mengurangi tekanan darah

Kacang hijau mengandung kalium, magnesium, dan serat yang merupakan nutrisi penting untuk mencegah hipertensi. Tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa sangat berbahaya bagi ibu maupun janin. Kondisi ini berisiko menimbulkan eklampsia, yang dapat memicu kejang pada ibu hamil.

6. Menyehatkan saluran pencernaan

Serat dalam kacang hijau membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Ibu hamil rentan mengalami gangguan pencernaan, mulai dari konstipasi atau sembelit, kembung, hingga sering buang air kecil.

7. Mencegah penyakit kronis pada ibu hamil

Antioksidan yang terdapat pada kacang hijau membantu mencegah penyakit kronis seperti gangguan jantung, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi. Ketiga kondisi tersebut bisa berpengaruh pada kondisi janin. Ibu hamil yang mengalami diabetes saat hamil atau diabetes gestasional berisiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan berat badan sangat berlebihan. Kondisi ini membuat bayi rentan terkena berbagai gangguan kesehatan. [yy/tempo]