4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Anak Anda Pecandu Gadget? Ini yang Akan Terjadi 10 Tahun Kedepan

Anak Anda Pecandu Gadget? Ini yang Akan Terjadi 10 Tahun Kedepan Fiqhislam.com - Tidak bisa dipungkiri, saat seseorang disodorkan gadget, maka ia akan betah menggunakannya hingga berjam-jam. Tidak terkecuali anak-anak, mereka pun akan betah bermain gadget sampai lupa waktu. Memang, keberadaan gadget memiliki manfaat sekaligus bisa memunculkan dampak yang negatif.

Gadget pun memiliki dampak negatif untuk anak-anak, yaitu pengetahuan mereka lebih meluas serta dapat mengasah otak anak sejak dini dengan logika serta kreatifitasnya. Namun, ada juga dampak negatif dari gadget untuk anak-anak di masa depannya. 
 
Efnie Indrianie, seorang Psikolog Anak menjelaskan kepada Aktual.co di Jakarta, Rabu (22/10), "Bahwa dampak negatif untuk anak di 5 sampai 10 tahun kedepannya bisa memunculkan sikap individualisme karena anak terbiasa sendiri dan cukup ditemani oleh gadget, bisa terjadi ketidakpekaan terhadap lingkungan sekitar."
 
Ia melanjutkan, anak juga jadi lupa waktu dan bisa adiksi dengan gadgetnya karena permainannnya seru dan menantang membuat sang anak terus penasaran dan bisa melupakan tugas dan tanggung jawabnya. Merusak konsentrasi anak untuk membaca buku, karena sistem kerja otak dan matanya terbiasa pada objek berwarna bergerak dan penuh dengan fitur teknologi.
 
Ia melanjutkan, ini bisa terjadi ketidakpekaan terhadap lingkungan sekitar, anak juga jadi lupa waktu dan bisa adiksi dengan gadgetnya, karena permainannnya seru dan menantang membuat sang anak terus penasaran dan bisa melupakan tugas serta tanggung jawabnya. Merusak konsentrasi anak untuk membaca buku, karena sistem kerja otak dan matanya terbiasa pada objek berwarna bergerak dan penuh dengan fitur teknologi.
 
"Belum lagi jika gadget terkoneksi dengan internet. Ini rentan dengan informasi yang berhubungan dengan kekerasan serta pornografi. Bisa memicu anak untuk melakukan hal yang mereka lihat, memancing hawa nafsu yang belum tepat pada umurnya," jelasnya. [yy/aktual]