21 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 24 Januari 2022

basmalah.png
PEREMPUAN

Olahraga Saat Hamil, Otak Bayi Tumbuh Cepat

Olahraga Saat Hamil, Otak Bayi Tumbuh CepatFiqhislam.com - Penelitian mengungkapkan, ibu hamil yang berolahraga selama kehamilannya dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Peneliti dari Universitas Montreal merekrut 18 calon ibu dengan usia kehamilan awal trisemester kedua yang melakukan olahraga seperti berjalan, berlari, berenang, atau bersepeda.

Mereka menemukan, olahraga rata-rata 20 menit tiap tiga kali dalam sepekan selama masa kehamilan dapat meningkatkan perkembangan otak anak yang baru lahir.

Peneliti mengukur aktivitas otak bayi yang baru lahir dengan menggunakan EEG ketika mereka tidur, selama 8-12 hari.

"Kami menggunakan 124 elektroda lembut ditempatkan pada kepala bayi dan menunggu anak untuk jatuh tertidur di atas atau pangkuan ibunya. Kami kemudian mengukur memori pendengaran dengan cara respon bawah sadar otak untuk berulang dan novel suara," jelas peneliti, Elise Labonte-LeMoyne, Ph.D. calon di kinesiologi.

"Hasilnya menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang aktif secara fisik memiliki aktivasi otak lebih matang, menunjukkan bahwa otak mereka berkembang lebih cepat," tambahnya seperti dilansir dari nydaily, Rabu (13/11/2013). [yy/inilah.com]