7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Hindari Memberikan Madu dan Cokelat Saat Pertama Pengenalan Makanan pada Anak

Hindari Memberikan Madu dan Cokelat Saat Pertama Pengenalan Makanan pada AnakFiqhislam.com - Saat usia anak memasuki 6 bulan, bayi akan siap untuk menikmati beberapa gigitan pertama makanannya. Perlahan-lahan dapat diperkenalkan pada buah, sayuran dan biskuit. Akan tetapi ada beberapa makanan yang perlu dihindari.

Tidak semua jenis makanan bisa diperkenalkan pada bayi terutama saat-saat pertama. Sebaiknya hindari pengenalan makanan ini seperti disarakan oleh www.parenting.com:

1. Cokelat

Dibalik rasanya yang manis ternyata cokelat dapat memicu alergi, khususnya di kalangan bayi yang berisiko tinggi untuk mengembangkan alergi. Alergi ini biasanya disebabkan dari turunan alergi dsri keluarga.

2. Kacang-kacangan

Berisiko untuk tersedak jika diberikan pada anak usia dibawah 4 tahun. Beberapa bayi juga alergi terhadap kacang, sebaiknya hindari kacang, selai kacang, dan kacang-kacang lainnya.

3. Putih telur

Protein yang terkandung dalam putih telur dapat menyebabkan alergi pada beberapa bayi. Sebaiknya untuk mengenalkan mulai dari kuning telur dulu.

4. Madu

Spora yang terdapat di dalam madu dapat berpotensi menyebabkan keracunan ataupun alergi karena bakteri clostridium botulinum yang dapat menyebabkan sembelit, lemah, kecilnya tonus otot dan kesulitan menelan.

yy/detik.com