13 Safar 1443  |  Selasa 21 September 2021

basmalah.png

Pengobatan Awal Pilek & Batuk yang Aman Bagi Ibu Hamil

Fiqhislam.com - Penyakit pilek dan flu untuk orang normal memang tidak terlalu membahayakan namun tidak begitu bagi ibu hamil.

Pengobatan Awal Pilek & Batuk yang Aman Bagi Ibu HamilIbu hamil pada umumnya memiliki sistem imun yang lebih lemah dari orang biasa, dan virus seperti pilek dan flu akan membahayakan bagi si calon bayi.

Pada penyakit pilek, biasanya akan dibarengi dengan demam. Suhu tubuh bisa naik hingga mencapai 38 derajat Celcius, disertai dengan gejala cepat lelah, hidung tersumbat, batuk, bersin serta sakit kepala. Sementara saat terserang flu, demam biasanya di atas 38 derajat Celsius disertai hidung tersumbat, menggigil, lelah, berkeringat dan sakit kepala.

Dalam kondisi normal (tidak hamil), Anda boleh saja mengonsumsi obat pilek dan flu secara bebas. Tapi lain soal jika sedang dalam keadaan hamil. Sangat disarankan untuk berhati-hati terhadap semua pengobatan yang Anda konsumsi tanpa resep dokter. Untuk itu, lebih baik mencoba beberapa pengobatan awal alami yang bisa dilakukan di rumah.

Jika suhu tubuh Anda naik hingga lebih dari 37 derajat Celcius, hidung mulai berlendir, mengalami nyeri dada dan gejala seperti yang disebutkan di atas, coba tips ini untuk meredakannya sebelum Anda pergi ke dokter, seperti yang dikutip dari Pregnancy Parenting.

1. Perbanyak istirahat dan hindari terlalu banyak usaha dalam mengerjakan tugas-tugas rumah. Minta bantuan suami untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Jika suami terlalu sibuk, bisa meminta bantuan keluarga dekat atau menyewa asisten rumah tangga.

2. Jangan sampai terkena dehidrasi karena akan membuat pilek atau flu bertambah parah. Minum banyak cairan seperti teh, air putih atau air kelapa. Hindari kopi atau minuman bersoda karena justru akan membuat Anda semakin dehidrasi.

3. Makan sup ayam panas. Kaldu dari ayam mengandung banyak protein dan nutrisi yang baik untuk memulihkan stamina dan menambah energi.

4. Berkumur dengan garam dan air. Cara ini bisa membantu meringankan sakit pada tenggorokan.

5. Siapkan baskom berisi air panas, dekatkan wajah ke baskom sambil kerubungi kepala dengan handuk agar upanya terkonsentrasi. Uapkan wajah dengan air panas, karena dapat membantu membersihkan saluran udara di hidung menjadi lebih baik.

wolipop.detik.com