10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Ketahui Kebutuhan Cek Rutin Kanker Serviks

Ketahui Kebutuhan Cek Rutin Kanker Serviks Fiqhislam.com - Bagi mereka yang ingin melakukan pengecekan rutin terhadap kanker serviks, kurun waktu yang ideal adalah selama tiga hingga lima tahun. Namun hal tersebut bergantung pada usia dan juga pilihan tesnya.

Seperti yang dikutip dari AP (23/10), kebanyakan kelompok medis memiliki rekomendasi melakukan tes Pap smear setiap tiga tahun untuk perempuan. American College of Obstreticians and Gynecologist mengatakan bahwa memang benar bahwa perempuan usia 21-29 tahun yang melakukan tes setiap tiga tahun sekali, hasil Pap-nya memperlihatkan tidak adanya masalah.

Namun bagi perempuan sehat usia 30 hingga 65 tahun, cek yang dianjurkan adalah Pap smear ditambah tes kanker yang disebabkan virus HPV. Disebutkan, jika kedua tes ini memperlihatkan hasil yang baik, perempuan bisa menunggu lima tahun lagi untuk melakukan tes berikutnya. Peneliti menyebutkan, kanker serviks tumbuh sangat pelan sehingga Pap smear reguler, bisa menemukan tanda awal sebelum tumor terbentuk.

Namun kelompok kesehatan ini tidak merekomendasikan melakukan tes rutin pada usia 20-an karena bisa menyebabkan deteksi dan pengecekan yang salah. Tidak hanya menyebutkan kurun waktu terbaik dalam pemeriksaan kanker serviks, kelompok kesehatan ini juga menyatakan bahwa perempuan 30 tahun ke atas masih bisa melakukan tes Pap saja setiap tiga tahun sekali. Pengecekan tidak seharusnya dilakukan pada usia sebelum 21 tahun. Dan perempuan di atas 65 tahun bisa berhenti melakukan tes jika tes sebelumnya tidak memperlihatkan adanya masalah. [yy/mediaIndonesia/foto wordpress.com]