8 Jumadil-Awwal 1444  |  Jumat 02 Desember 2022

basmalah.png

Si Kecil Rewel dan Sulit Makan?

Si Kecil Rewel dan Sulit Makan?Fiqhislam.com - Sulit makan pada anak banyak dialami saat memasuki usia 4-5 tahun. Si kecil yang sedang mengenal makanannya cenderung menjadi pemilih. Bahkan lingkungan rumahpun dapat menjadi penyebab utamanya.

Mengemut dan tidak mau menelan makanan sering kali dilakukan si kecil. Hal ini bisa disebabkan karena ketidakcocokan rasa dan tekstur makanan yang diberikan. Berikut lima jenis penyebab lainnya yang membuat si kecil jadi sulit makan.

1. Tesktur makanan

Tekstur makanan adalah salah satu penyebab si kecil sulit makan. Untuk mereka yang menyukai makanan bertekstur renyah, tentunya tidak akan mengukai tekstur makanan yang lembek. Pernyataan tersebutpun diakui oleh psikolog anak, Kay Toomey, PhD.

2. Terlalu banyak mengemil

Banyak minum dan mengemil sebelum makan juga menjadi penyebab anak tak mau makan. Cairan dan beberapa makanan yang masuk akan membuatnya kenyang lebih lama. Untuk menyiasatinya Anda bisa berikan sedikit kacang polong atau wortel rebus untuk camilan sehatnya.

3. Berdebat di meja makan

Berbedat saat makan bisa membuat si kecil merasa takut. Si kecilpun cenderung ingin segera meninggalkan meja makan. Hingga akhirnya ia mencoba untuk mencari perhatian orang tuanya dengan menolak makanannya.

4. Menonton televisi saat makan

Orang dewasa cenderung akan makan berlebih saat menonton TV. Namun lain halnya dengan anak-anak, mereka justru akan sulit makan dan cenderung sulit mencoba makanan baru. Karena itulah ada baiknya untuk mematikan televisi saat si kecil makan.

5. Jadikan makanan penutup sebagai hadiah

Makanan manis dan berlemak tak baik dijadikan hadiah jika si kecil harus menghabiskan sayurannya. Karena bisa membuat si kecil merasa terpaksa untuk menghabiskanya. Cobalah sajikan sayuran dalam bentuk yang menarik agar si kecil lebih tertarik untuk mencicipi. [yy/detik]