21 Safar 1443  |  Rabu 29 September 2021

basmalah.png

Ancaman Allah Bagi yang Enggan Bayar Zakat

Ancaman Allah Bagi yang Enggan Bayar Zakat


Fiqhislam.com - Sifat bakhil (kikir) dapat memupuk keengganan seorang membayar zakat dan hal itu sangat dibenci dan diharamkan oleh Allah.

Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

"Dan jangan sekali-kali orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya, mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada Hari Kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Ali-Imran:180).

Dan ada ancaman bagi orang-orang yang enggan membayar zakatnya, Rasulullah bersabda,

"Barangsiapa yang tidak membayar zakat yang wajib atasnya, (kelak) di Hari Kiamat akan dimunculkan baginya ular jantan yang memiliki bisa yang sangat banyak. Ular tersebut akan menarik kedua tangan orang itu dan berkata kepadanya, Saya ini adalah harta dan kekayaan yang telah kamu kumpulkan di dunia." (HR. Al-Bukhari).

Allah Taala mengiringi penyebutan zakat dengan shalat lebih dari 80 ayat dalam Alquran. Ibnu Umar radhiallahu anhuma berkata, dari Rasulullah bersabda,

"Islam itu dibangun diatas lima perkara, yaitu bersyahadat mengesakan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa Ramadan, dan menunaikan ibadah haji." (HR. Muslim). [yy/inilah]

 

Tags: Zakat