pustaka.png.orig
basmalah.png


13 Dzulqa'dah 1442  |  Rabu 23 Juni 2021

Empat Golongan yang Dirindukan Surga di Bulan Ramadhan

Empat Golongan yang Dirindukan Surga di Bulan Ramadhan Fiqhislam.com - Surga merupakan puncak kenikmatan dan harapan setiap muslim dalam kehidupan akhirat nanti. Karena begitu indahnya, jiwa dan pikiran manusia pun bahkan sulit untuk menggambarkannya.

Tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat yang mulia ini, melainkan hanya dengan bekal keimanan dan amal shaleh yang bisa mengantarkannya. Akan tetapi ternyata bukan hanya manusia saja yang merindukan surga.

Pasalnya Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ternyata surga juga memiliki kerinduan yang mendalam untuk dimasuki beberapa golongan manusia, terutama di bulan Ramadhan ini. Mereka adalah golongan orang yang senantiasa merutinkan amalan-amalan shaleh yang dicintai Allah SWT. Lantas siapa sajakah ke empat golongan tersebut ? Berikut uraian selengkapnya. 
 
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Surga itu merindukan kepada 4 golongan yaitu orang yang membaca Al-Qur'an, orang yang menjaga lidah, orang yang memberi makan orang yang sedang kelaparan dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan.
 
1. Orang yang senantiasa membaca Al-Qur'an
Surga sangat merindukan orang-orang yang senantiasa membaca Al-Qur'an dalam kesehariannya. Ada pahala besar yang menanti bagi mereka yang senantiasa membaca Al-Qur'an. Bahkan setiap huruf yang dibaca, Allah SWT akan membalasnya dengan 10 kebaikan. 
 
Sebagaimana disebutkan dari 'Abdullah bin Mas'ud ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, " pelajarilah al qur an ini karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk aliflaammiim akan tetapi untuk alif,laam,miim setiap hurufnya 10 kebaikan."
 
2. Orang yang senantiasa menjaga lidah
Selanjutnya surga juga merindukan orang-orang yang senantiasa menjaga lidahnya. Meskipun lidah merupakan bagian tubuh yang tidak bertulang, namun ia lebih tajam dari pisau. 
 
Orang yang senantiasa menjaga lidahnya akan selalu berhati-hati dalam setiap perkataannya agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Sebab ada dampak yang sangat luar biasa yang bisa ditimbulkan oleh lidah, misalnya pertengkaran. 
 
3. Orang yang memberikan makan orang yang sedang kelaparan
Kemudian surga juga sangat merindukan orang-orang yang memberikan makan orang yang sedang kelaparan. Setiap perbuatan baik sekecil apapun pasti akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. 
 
Hal ini terdapat dalam sebuah hadits dari Abu Sa'id Al-Khudry ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja orang islam orang islam yang memberi pakaian kepada orang islam. Niscaya Allah akan memberikannya pakaian dari hijaunya surga. Dan siapa saja orang islam yang memberikan makan kepada orang islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberikan nya buah-buahan surga. Dan siapa saja orang islam yang memberikan minum kepada orang islam yang kehausan,niscaya Allah akan memberikan nya mimuman suci yang tertutup.” ( HR. Abu Dawud)
 
4. Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan
Golongan terakhir yang sangat dirindukan surga adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Nah, ketiga hal yang telah disebutkan sebelumnya ini terkumpul semuanya pada orang-orang yang sedang melaksanakan puasa. 
 
Pertama, saat melaksanakn puasa selama bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an baik berupa tadarus, membaca dengan menyimak terjemahannya, membaca tafsir maupun mengupas ayat-ayat Al-Qur'an bersama para ulama serta membaca buku-buku agama.
 
Kedua, ketika berpuasa kita diharuskan untuk menjaga lidah dari perkataan dusta, kotor, maupun perkataan yang mengundang syahwat. Meskipun tidak membatalkan puasa, namun hal-hal tersebut dapat menghilangkan pahala puasa.
 
Sehingga orang yang tidak mampu mengendalikan lidahnya saat berpuasa termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa “Berapa banyak dari orang-orang yang berpuasa, yang tidak meperoleh apa-apa dari puasa mereka kecuali hanya lapar dan haus.”
 
Ketiga, selama menjalankan puasa kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah kepada mereka yang tidak mampu. Dimulai dari yang terdekat, terutama tetangga dan sanak kerabat. 
 
Diantara bentuk sedekah bukan hanya memberikan dalam bentuk uang, namun juga termasuk senyum, memberikan makan orang miskin, memberi makan orang yang berpuasa dan sebagainya.
 
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memberi buka orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” [HR. Tirmizi] 
 
Demikianlah ulasan mengenai 4 golongan orang yang dirindukan surga di bulan Ramadhan ini. Sehingga apabila kita menekuni salah satu dari empat hal diatas saja, surga sudah sangat merindukan kita apalgi bila keempatnya bisa kita laksanakan. Namun tentu saja semuanya harus dilaksanakan dengan ikhlas. [yy/viva]

Oleh Gusnawati Jamaris
 
 
Tags: surga | ramadhan | puasa | lisan | miskin | quran