pustaka.png.orig
basmalah.png


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Selain Indonesia, 8 Ini Negara Punya Tradisi Mudik Lebaran

Selain Indonesia, 8 Ini Negara Punya Tradisi Mudik Lebaran

Fiqhislam.com - Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen yang dimanfaatkan bagi umat Islam untuk menjalin silaturahmi. Maka itu, bagi para perantau akan berusaha mudik atau pulang ke kampung halaman setiap menjelang Lebaran guna berjumpa dengan keluarga.

Nah, di Indonesia sendiri, istilah pulang kampung atau mudik Lebaran sudah sangat familier. Di mana masyarakat akan kembali ke kampung halaman ketika libur Lebaran dan merayakan hari kemenangan di sana.

Jika mudik sebegitu terkenalnya di Indonesia, kira-kira bagaimana dengan negara lain ya? Apakah mereka juga punya tradisi yang sama dengan bangsa kita?

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, ternyata ada beberapa negara lain yang juga memiliki tradisi mudik menjelang Lebaran seperti di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Turki

Sama-sama negara berpenduduk mayoritas Muslim, ternyata di Turki juga ada tradisi mudik lho. Bedanya di Turki mudik dikenal dengan istilah 'Bayram'.

Momen bayram di Turki diisi dengan berkumpul bersama sanak saudara dan saling bermaafan. Tradisi ini juga dilanjutkan dengan berziarah dan tabur bunga ke makam keluarga.

Perayaan Lebaran di Turki terkesan manis karena ditandai dengan munculnya pasar bunga di beberapa daerah. Mereka juga menyajikan makanan manis yang menjadi ciri khas lebaran di Turki.

2. Nigeria

Walaupun liburan nasional menjelang Idul Fitri di Nigeria hanya berlangsung dua hari, penduduk Muslim di sana tetap melakukan tradisi pulang kampung untuk mengunjungi keluarga serta berziarah ke makam keluarga masing-masing.

3. Arab Saudi

Di Arab Saudi, hampir setiap daerah menggelar festival untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri. Festival tersebut pun menampilkan berbagai macam pagelaran teater, pertunjukan muslim, serta kesenian lainnya.

Karena itu, setiap warga yang merantau tidak mau ketinggalan perayaan lebaran yang meriah di daerahnya masing-masing. Sehingga, mereka pun beramai-ramai pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga.

4. China

Meski jumlah hari libur Idul Fitri tidak lama seperti di Indonesia, warga China tetap melangsungkan tradisi mudik atau kembali ke kampung halaman masing-masing.

Seusai Sholat Idul Fitri, biasanya umat Islam di China melakukan ziarah kubur para Muslim pejuang yang gugur saat pemerintahan Dinasti Qing.

5. Bangladesh

Sama seperti negara berkembang lainnya, banyak penduduk yang pergi merantau ke kota-kota besar untuk memperbaiki nasib, tidak terkecuali di Bangladesh.

Karena itu, menjelang Lebaran, penduduk Muslim di Bangladesh akan berbondong-bondong menyerbu terminal bus, stasiun kereta api, atau bahkan menaiki perahu di sungai demi mudik dan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri.

6. Pakistan

Nah, kalau di Pakistan mirip-mirip sama Indonesia nih. Di Pakistan, jalur mudik dipersiapkan dengan detail. Misalnya, pemerintahnya mengerahkan ribuan polisi dan kamera pengintai yang ditempatkan di berbagai lokasi guna menjamin kelancaran dan keamanan warganya yang hendak pulang kampung.

7. India

Walaupun penduduk Muslim di India tergolong minoritas, tidak menyulutkan semangat mereka untuk pulang ke kampung halamannya guna merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Tetapi, tidak hanya penduduk Muslim India yang suka mudik, penduduk non-Muslim juga melakukannya. Hanya, mereka mudik setiap Oktober atau November untuk merayakan Festival of Lights alias Diwali.

8. Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Sehingga menjelang Idul Fitri, warga yang merantau ke kota akan kembali ke kampung halamannya guna menjenguk keluarga dan merayakan bersama.

Akan tetapi, mudik di Malaysia tidak hanya dilakukan saat Idul Fitri saja. Mereka juga pulang kampung saat perayaan tahun baru Imlek. Jadi, Indonesia enggak sendirian nih dalam hal tradisi mudik Lebaran. [yy/okezone]