pustaka.png.orig
basmalah.png


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Bosnia Hidupkan Kembali Tradisi Tilawah Ramadhan Setelah 30 tahun

Bosnia Hidupkan Kembali Tradisi Tilawah Ramadhan Setelah 30 tahun

Fiqhislam.com - Masjid Ferhadiye yang berasal dari masa Utsmaniyyah di ibukota Bosnia dan Herzegovina di Sarajevo menghidupkan kembali tradisi pembacaan tilawah Quran selama Ramadhan setelah 30 tahun, lansir Anadolu Agency pada Sabtu (17/04/2021).

Tradisi tilawah Qur’an selama Ramadhan di masjid bersejarah Bosnia dari abad ke-16 ini mengalami jeda tiga dekade karena perang antara tahun 1992 dan 1995.

Namun, masjid tersebut kembali penyelenggaraan tilawah Quran pada bulan Ramadhan 2021.

Itu akan dimulai pukul 11.30 waktu setempat setiap hari dan akan dipublikasikan di internet.

Imam Muhamed Velic mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa tilawah Quran adalah tradisi yang sangat penting bagi dunia Islam.

“Kami menyatukan kembali Hafiz setelah 30 tahun untuk tilawah Quran,” katanya, merujuk pada para penghafal alquran. “Ferhadiye meninggalkan tradisi untuk jangka waktu tertentu, tetapi penting bagi kami untuk melanjutkan tradisi ini,” katanya.

Imam Velic mengatakan tradisi yang dimulai setelah 30 tahun ini, akan terus dilaksanakan setiap tahun.

Tilawah Quran ini akan dibacakan oleh empat hafiz dan imam masjid.

Masjid Ferhadiye yang dibangun oleh Gubernur Sancak Bosnia Ferhat Vukovic Desisalic ini adalah salah satu contoh indah arsitektur Utsmaniyyah dan arsitektur Islam di Balkan.

Masjid itu rusak parah dalam kebakaran tahun 1697 dan 1879. Itu juga rusak selama Perang Bosnia. Namun kemudian direnovasi dan bertahan hingga hari ini. [yy/hidayatullah]