fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


4 Syawal 1442  |  Minggu 16 Mei 2021

Shalat Tahajud dan Puasa, Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh

Shalat Tahajud dan Puasa, Cara Tingkatkan Imunitas TubuhFiqhislam.com - Melaksanakan shalat tahajudternyata berdampak baik bagi tubuh. Menurut dr Abdullah Rayhan Alatas yang menjadi salah satu dokter yang memberikan lanyanan di konsultasi online

tanggap corona Pemuda Rabithah Alawiyah, menjelaskan tahajud dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dia menjelaskan, secara ringkas dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan praktisi medis, shalat sesuai waktu yang ditentukan di awal waktu pada masing-masing waktu adzan dan shalat tahajud memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Dia antaranya, kata dia, shalat tahajud bisa membantu memperlancar aliran darah ke berbagai bagian tubuh, meningkatkan kondisi psikologis, dan meningkatkan metabolisme.

“Hal-hal yang telah disebutkan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meski tidak serta-merta dalam jumlah banyak namun perlahan tapi pasti," kata dr Abdullah kepada Republika,co.id pada Rabu (22/4).



Abdullah menambahkan bahwa pada saat seseorang berpuasa, rutinitas puasa yang dijalankan seorang Muslim dengan tetap menjaga pola makan yang sehat dan tidak berlebihan pada saat sahur serta berbuka akan sangat baik untuk memperbaiki kondisi nutrisi di dalam tubuh. Menurut dr Abdullah berdasarkan penelitian menemukan bahwa ketika seseorang berpuasa kadar lemak jahat akan berkurang sementara kadar lemak baik dalam tubuh akan meningkat. Selain itu memperbaiki metabolisme tubuh dan juga memperlancar aliran darah.

Dengan pola makan yang baik dan sesuai selama berpuasa, menurutnya tidak akan menyebabkan efek samping yang buruk pada pencernaan maupun ginjal, bahkan menurutnya dengan berpuasa akan melancarkan fungsi-fungsinya. Bahkan menurut dr Abdullah, berpuasa ditambah dengan melaksanakan shalat sunnah hajat atau qiyamullail dapat membuat fungsi organ dalam tubuh semakin sehat.  

Menurut dia, dua hal yang berbeda dan dijalankan bersamaan yaitu shalat dan puasa Ramadhan ini, sama-sama bermanfaat dan pada akhirnya secara bersamaan meningkatkan daya tahan tubuh dan kualitas hidup bagi yang menjalankannya. 

Abdullah mengatakan, manfaat secara umum shalat tahajud dan puasa akan meningkatkan fungsi tubuh dan organ dalam termasuk paru, hati, jantung, dan lainnya termasuk otak juga. Bila rutin dan khusyuk akan sangat baik untuk tubuh.

Karena itu dr Abdullah juga mengingatkan untuk menjaga daya tahan tubuh guna meminimalkan dampak negatif atau kemungkinan gejala yang muncul apabila terkena virus corona. dr Abdullah menyarankan agar menjaga pola makan yang baik, istirahat cukup, hindari stress, dan olahraga teratur.

Abdullah juga mengingatkan agar masyarakat tetap mengikuti berbagai  prosedur yang sudah disampaikan oleh Pemerintah dan tenaga kesehatan yakni untuk menjaga kebersihan, physical distancing, rutin mencuci tangan, dan selalu menggunakan masker apabila keluar rumah. [yy/republika]

 

Tags: Tahajud | Puasa | Ramadhan