fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


27 Ramadhan 1442  |  Minggu 09 Mei 2021

Tiga Langkah Cepat Selesaikan Konflik Keluarga

Tiga Langkah Cepat Selesaikan Konflik KeluargaFiqhislam.com - Adanya konflik dalam keluarga merupakan salah satu penyebab retaknya keharmonisan. Diperlukan langkah yang cepat dan tepat untuk menghadapi konflik agar hubungan keluarga tidak dikorbankan. Seperti yang dikutip dari Magforwomen, berikut bisa menjadi triknya.

1. Cari tahu akar penyebab masalah
Ketahui dengan jelas apa sebenarnya yang menyebabkan masalah terjadinya konflik. Identifikasi masalah secara bersama, agar anggota keluarga mengetahui persis apa yang terjadi. Dengan demikian, jika akar permasalahan sudah diketahui, maka teknik penanganan akan mudah dilakukan.

2. Diskusikan cara penanganan masalah
Jangan meninggalkan anggota keluarga ketika Anda duduk untuk mendiskusikan masalah ini. Setelah Anda dan keluarga paham betul apa yang sebenarnya terjadi, duduk bersama mendiskusikan langkah penanganan merupakan cara yang terbaik. Jika Anda memiliki usul, kemukakan di hadapan anggota keluarga lainnya. Hindari menangani masalah sendiri meskipun Anda mengetahui secara pasti bentuk persoalan.

3. Kompromi
Seringkali solusi menjadi alot karena kurangnya dukungan dari semua pihak. Katakan setuju jika Anda meyakini dan sependapat dengan apa yang dikemukakan anggota keluarga lainnya. Selain itu, jangan ragu untuk menyampaikan ide jalan keluar. Di sini, anggota keluarga memiliki hak yang sama dalam menyampaikan pendapat. Jangan sampai Anda mendominasi diskusi. [yy/metrotvnews.com]