3 Rabiul-Awwal 1444  |  Kamis 29 September 2022

basmalah.png

7 Sebab Suami Malas Diajak Bicara Saat Ada Masalah Rumah Tangga

7 Sebab Suami Malas Diajak Bicara Saat Ada Masalah Rumah TanggaFiqhislam.com - Permasalahan rumah tangga apapun sebaiknya dibicarakan baik-baik, ketimbang dibahas dengan saling adu mulut, begitulah saran kebanyakan pakar pernikahan. Namun seringkali kenyataan yang terjadi tak sesuai teori. Suami yang diajak bicara malah terlihat malas-malasan.

Bukan tanpa sebab jika pasangan tampak tidak antusias ketika diajak bicara soal masalah rumah tangga. Bisa jadi hal itu terjadi karena sikap Anda sendiri. Berikut ini tujuh penyebab suami tidak mau mendengarkan ucapan istrinya seperti dikutip dari About:

1. Bertele-tele
Mungkin karena Anda terlalu lama ketika ingin menyampaikan apa yang diinginkan. Monolog yang bertele-tele tentu saja membosankan. Usahakan untuk langsung pada tujuan jika Anda ingin meminta sesuatu pada pasangan.

2. Memonopoli
Anda sering memonopoli pembicaraan ketika sedang melakukan percakapan bersama suami. Ketika suami hendak bicara, Anda terus saja bicara tanpa memberikannya kesempatan. Sikap inilah yang membuat suami jadi lebih memilih diam saja dan cenderung menganggap omongan Anda angin lalu.

3. Kasar
Jika Anda memiliki kebiasaan mengatakan hal kasar, menyakitkan, mengintimidasi, meremehkan dan menghina keyakinan serta perasaan pasangan, maka ia akan bersikap defensif dan tak mau mendengarkan Anda. Demi kehidupan pernikahan yang lebih sehat, Anda sebaiknya mulai mengurangi cara bertengkar seperti ini. Baca tipsnya di sini.

4. Manipulasi
Jika pasangan membaca adanya pola manipulasi dalam percakapan Anda, maka ia akan segera mengakhiri pembicaraan tersebut. Sebaiknya katakan dengan jujur apa yang Anda inginkan.

5. Generalisasi
Mungkin Anda menggunakan kata generalisasi saat mengutarakan pendapat. Komentar yang menggunakan kata-kata seperti "selalu", "tidak pernah" atau "terus" dapat menyebabkan pasangan malas untuk melakukan percakapan. Jadi, hilangkan kata-kata tersebut dari kosakata Anda.

6. Waktu yang Salah
Anda memilih waktu yang salah. Pada saat Anda ingin berbicara, pasangan sedang dalam keadaan lelah, sibuk dengan pikiran lain, menonton televisi atau bekerja di depan komputer. Beritahu pasangan sebelumnya, jika Anda ingin melakukan percakapan dan tanya padanya apakah itu waktu yang tepat. Jika pasangan mengatakan tidak, jangan marah.

7. Mengulang
Sebaiknya hindari membahas masalah atau topik yang telah dibahas panjang lebar sebelumnya. Tak ada seorang pun yang ingin membicarakan masalah yang telah selesai terutama jika ia bertanggung jawab dalam masalah tersebut.

[yy/wolipop.com]