7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Lima Barometer Kecocokan Finansial

http://yosoylachamuca.files.wordpress.com/2009/11/url-2.jpg

Ada banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan seseorang dalam memilih pasangan hidup, mulai dari kecocokan emosional sampai spiritual. Akan tetapi, ada satu faktor lain yang tanpa sengaja kerap terabaikan, yaitu kecocokan finansial.

Meskipun topik ini cukup sensitif untuk dibahas, Anda dan pasangan tetap perlu membicarakannya demi kelanggengan hubungan di masa depan. Menurut Sharon Kedar, co-author buku 'Get Financially Naked: How to Talk Money with Your Honey', berikut ini adalah lima topik yang sebaiknya didiskusikan setiap pasangan sebelum membawa hubungan ke tahap lebih serius:

Rumah
Apakah makna rumah bagi Anda? Apakah rumah menjadi sebuah tempat nyaman untuk pulang di akhir hari yang panjang atau sekadar simbol status? Jika Anda dan pasangan tidak memiliki persepsi yang sama, dan salah seorang harus berkompromi secara finansial dan terdapat tanda-tanda akan adanya hipotek di luar kemampuan Anda, situasi tersebut akan menciptakan perselisihan di masa depan.

Mobil
Apakah Anda menganggap mobil sebagai moda transportasi untuk mengantarkan dari titik A ke titik B? Ataukah Anda memandangnya sebagai elemen kemewahan hidup yang harus dimiliki? Kedar mengatakan, jawaban atas pertanyaan tersebut merupakan otentisitas finansial Anda--sesuatu yang tidak bisa dikompromikan tanpa diskusi terlebih dulu.

Penelitian dari University of Michigan, Pennsylvania dan Northwestern memperlihatkan, pada awalnya kita sering menemukan perbedaan finansial sebagai sesuatu yang menggairahkan. Tetapi, jika hal-hal dasar seperti mobil tidak dibahas, ketidakcocokan finansial akan menunjukkan belangnya yang buruk.

Pensiun
Apakah Anda termasuk orang yang hidup untuk hari ini atau menyusun rencana untuk masa depan? Pensiun merupakan topik penting terutama ketika Anda dan pasangan berniat merencanakan masa depan bersama. Jika pihak yang satu berusaha menyisihkan pendapatan demi tabungan masa pensiun, sementara pihak yang lain menghambur-hamburkan setiap keping uang yang dimilikinya, hal ini bisa merusak hubungan dan juga masa depan bersama.

Anak

Pembicaraan soal anak dan bagaimana rencana Anda untuk membesarkan mereka, juga harus diperpanjang hingga urusan finansial. Beberapa orang percaya, kasih sayang diekspresikan lewat uang dan benda-benda. Karena membesarkan anak membutuhkan dana yang tidak sedikit, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk pertama-tama membiacarakan sejumlah detail. Anda harus mengetahui apakah pasangan lebih menginginkan pendidikan swasta dibandingkan negeri, dan lain sebagainya.

Keluarga
Penting untuk diketahui apakah Anda dan pasangan memiliki pandangan yang sama soal meminjamkan uang kepada sanak kerabat. ''Setiap orang memiliki anggota keluarga yang membutuhkan dukungan finansial dari waktu ke waktu,'' kata Kedar. Tetapi, Anda berdua perlu mempertimbangkan sejumlah syarat dan kondisi, terutama jika Anda dan pasangan memiliki tabungan bersama.

Mediaindonesia.com