13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Perselingkuhan Uang Itu Berbahaya

http://4.bp.blogspot.com/_Gm-LPAPJU3k/SvfoIF-ek1I/AAAAAAAAAIc/zntjeHSwSN4/s320/house.jpg

Masalah ekonomi merupakan hal sensitif dalam kehidupan rumah tangga. Pengelolaan uang yang tidak baik bahkan bisa memicu konflik atau keretakan hubungan suami-isteri. Pada beberapa pasangan, uang digunakan sebagai bentuk kontrol. Kemampuan mengendalikan pengeluaran uang untuk hal-hal tak penting akan meminimalkan konflik dalam kehidupan rumah tangga.

Jangan remehkan permasalahan kecil yang mungkin muncul akibat sirkulasi keuangan keluarga yang tak terkontrol. Belajarlah mengidentifikasi masalah-masalah mendasar keuangan agar tak memicu konflik yang lebih besar.

Atur Pengeluaran
Buat manajemen keuangan keluarga yang rapi dan terkontrol. Simpan semua bukti pengeluaran termasuk struk belanja untuk memetakan pengeluaran setiap bulan.
Pisahkan pengeluaran untuk kebutuhan utama dan rekreasi.

Uang boleh dikata sebagai kekuasaan dalam pernikahan. Buat aturan yang matang untuk mengakses dana bersama. Bila perlu, hubungi konsultan keuangan untuk membuat perencanaan dan akses keuangan bersama pasangan.

Jangan terbiasa melakukan manipulasi struk belanja untuk membohongi pasangan. Atau mengatakan sepatu yang baru saja dibeli adalah produk diskon, padahal tidak. Jangan pula terlalu mudah menggesekkan kartu kredit tanpa berkomunikasi dengan pasangan.

Perselingkuhan keuangan dalam keluarga semacam itu bisa berakibat fatal yang mengarah pada kehancuran rumah tangga. Kebohongan kecil berpotensi memicu kebohongan yang lebih besar.

 

VIVAnews - Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti

 

 

Artikel Terkait