15 Syawal 1443  |  Selasa 17 Mei 2022

basmalah.png

Empat Pertimbangan Penting sebelum Membeli Rumah

http://jurnalismekapurung.files.wordpress.com/2009/04/moving-full.jpgSetiap orang tentu memiliki impian memiliki tempat tinggal sendiri yang asri dan nyaman. Akan tetapi, membeli rumah idaman merupakan sebuah investasi besar yang sebaiknya tidak dilakukan secara terburu-buru.

Pastikan Anda berada dalam situasi finansial yang tepat sebelum mengambil lompatan penting ini. Berikut adalah sejumlah poin yang perlu dipertimbangkan:


Pembayaran awal

Mampukah Anda membayar sekurangnya 20 persen dari nilai rumah sebagai pembayaran awal (down payment)? Jika tidak mampu, sebaiknya pertimbangkan kembali apakah saat ini merupakan waktu terbaik bagi Anda untuk membelinya.

Membayar 20 persen dari nilai rumah di muka, akan memberikan Anda keuntungan berupa tingkat suku bunga yang lebih baik. Sebab, Anda dianggap kurang berisiko bagi pemberi pinjaman. Selain itu, lebih sedikit pula uang yang Anda pinjam sehingga mengurangi cicilan bulanan.


Tabungan tunai

Apakah Anda memiliki tabungan tunai yang cukup? Ulrich menyarankan orang untuk memiliki minimal enam bulan cicilan rumah bulanan di dalam tabungan, sebelum memutuskan membeli rumah baru. Tabungan tersebut menunjukkan kemampuan Anda untuk membayar cicilan rumah setelah pembayaran awal.

Penghasilan stabil

Apakah Anda memiliki penghasilan tetap dan stabil setiap bulan? Tanpa hal itu, membayar cicilan bulanan bisa menjadi kewajiban yang sulit untuk dilakukan. Padahal, sangat penting bagi Anda untuk tidak telat membayar pinjaman rumah.

Manisha Thakor, salah satu penulis buku 'On My Own Two Feet,' menyarankan Anda untuk menjaga total biaya yang berhubungan dengan perumahan (hipotek, asuransi, pajak properti, pemeliharaan, utilitas, dll) berada pada atau di bawah sepertiga dari penghasilan. Jika lebih dari jumlah itu, akan sulit bagi Anda untuk membayar cicilan setiap bulan.


Skor kredit

Sebelum membeli rumah, pastikan Anda memiliki skor kredit yang baik. Periksa laporan kredit untuk memastikan ketepatannya beberapa bulan sebelum Anda siap untuk membeli rumah. Jika perlu, lakukan langkah-langkah terbaik untuk memperbaiki skor kredit secara aktif.

Semakin baik skor kredit Anda, semakin rendah tingkat suku bunga dan cicilan bulanan yang harus dibayar.

yulia permatasari | mediaindonesia.com