5 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 29 Nopember 2022

basmalah.png

Rencana Lima Tahun Prapensiun

http://3.bp.blogspot.com/_BxTqffVSUuI/TPr0_2RdsDI/AAAAAAAAADI/axNEuyJnUI0/s1600/f.jpgKETIKA membicarakan masa pensiun, hal utama yang menjadi perhatian orang-orang umumnya adalah besar tabungan yang mereka miliki untuk menunjang hidupnya. Itu sebabnya, setiap orang perlu membuat rencana terperinci sebelum momen tersebut tiba.

Semakin spesifik rencana yang Anda buat, semakin mudah mengukur berapa banyak uang yang diperlukan dan seberapa penuh masa pensiun Anda. Sebagai pedoman, berikut ini adalah rencana lima tahun sebelum pensiun yang disusun oleh Deena Kats, seorang profesor perencanaan keuangan pribadi di Texas Tech University di Lubbock, seperti dikutip situs
online.wsj.com:

Lima tahun

Pikirkan bagaimana Anda dan pasangan ingin menghabiskan waktu pensiun. Buat daftar hobi dan aktivitas Anda di waktu lampau dan saat sekarang.

Kemudian, jawab pertanyaan ini: apakah Anda telah menabung cukup uang untuk pensiun dalam jangka waktu lima tahun ke depan? Mulailah dengan memperkirakan berapa pengeluaran pensiun yang diperlukan, termasuk untuk pajak dan premi asuransi kesehatan. Pertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan jangka panjang. Semakin cepat Anda membeli asuransinya, semakin rendah premi yang harus dibayarkan.


Jika Anda belum memiliki penasihat keuangan pribadi, pertimbangkan menyewa jasa profesional untuk mengestimasi berapa dana yang dapat Anda habiskan untuk pensiun dan merekomendasikan cara menabung serta berinvestasi. Selain itu, pertimbangkan pula apakah Anda membutuhkan asuransi jiwa.


Empat tahun

Mulailah mengeksplorasi berbagai ide yang muncul. Jika Anda mempertimbangkan untuk pindah, cari tahu berbagai komunitas yang terlihat menarik. Apabila Anda berencana menjadi sukarelawan, cari informasi tentang berbagai proyek amal yang sesuai dengan visi hidup Anda. Mulailah mengajukan diri sebagai sukarelawan dari sekarang.

Tiga tahun

Jika Anda berencana pindah, mulailah mengunjungi komunitas-komunitas yang berada dalam daftar singkat Anda. Apabila Anda ingin mulai berbisnis, tak ada salahnya mendaftarkan diri mengikuti kursus atau workshop yang ditawarkan oleh berbagai lembaga.

Selain itu, minta estimasi tunjangan pensiun atau medis yang berhak Anda terima dari perusahaan tempat bekerja saat ini. Tinjau ulang pula rencana pengeluaran dan pemasukan yang telah Anda buat dua tahun lalu. Habiskan tahun ketiga ini dengan menerapkan anggaran yang sudah disiapkan.


Dua tahun

Jika Anda ingin atau butuh bekerja dengan bayaran di masa pensiun, pertimbangkan apakah Anda ingin melakukannya secara penuh waktu atau paruh waktu. Apakah kesempatan yang ingin Anda kejar itu membutuhkan pelatihan tambahan? Mulailah membangun jaringan. Selain itu, luangkah lebih banyak waktu untuk mengerjakan hobi, guna memastikan apakah hobi tersebut memungkinkan dijadikan aktivitas utama Anda.

Satu tahun

Jika Anda berencana memulai sebuah bisnis, buat sebuah rencana bisnis terperinci. Jika Anda masih ingin bekerja, pertimbangkan untuk membuka jasa konsultan yang mungkin dilakukan seorang pensiunan.

Untuk kelangsungan finansial, cari tahu cara mengonversi tabungan Anda agar menjadi sumber pendapatan yang dapat diandalkan seumur hidup. (Yul/OL-06)

yulia permatasari | mediaindonesia.com