7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Perceraian

PerceraianHampir semua pasangan suami istri tidak menginginkan perceraian. Namun kenyataannya, tidak sedikit pasutri mengambil keputusan bercerai dalam pernikahan mereka.

Penting untuk dimengerti bahwa jika Anda telah bercerai, itu berarti Anda tidak lagi dalam ikatan pernikahan dengan suami. Maka, pertimbangkan kalimat perceraian secara bijak sebelum terlambat.

Banyak diantara teman-teman  yang menyarankan kita beberapa hal kepada kita mengenai pernikahan kita dan kadang kita terjebak dalam nasehat yang sebenarnya menjebak diri kita sendiri, dan berikut diantaranya


Perceraian merupakan jalan keluar yang mudah


Dan jika ini adalah nasehat mereka kepada anda sebaiknya anda berfikir dua kali lipat karena Perceraian tidak pernah menjadi jalan keluar yang mudah untuk pasangan suami istri. Faktanya, butuh keberanian untuk meninggalkan pernikahan yang menyiksa ketimbang hanya bertahan pada situasi yang buruk. Saat Anda tidak bahagia dan memutuskan untuk sendiri, percayalah, perceraian ialah jalan tersulit yang akan Anda ambil.

Perceraian pilihan yang buruk

Jika nasehat ini yang datang kepada anda yakinlah ini benar walaupun dari 50 persen (mungkin sampai 90 persen) pasangan menikah yang telah bercerai saat ini masyarakat dan lingkungan sosial sudah bisa menerima perceraian. Perceraian bukanlah penyakit masyarakat. Perceraian hanya menempatkan Anda dalam keadaan sesudah menikah, karena pernikahan tidak berhasil untuk Anda.

Perceraian selalu menyalahkan satu pihak

Dan jika anda menyalahkan pasangan anda dalam mengambil langkah perceraian, sebaiknya anda lebih mencari kesalahan anda sendiri, karena tidak mungkin ada api jika tidak ada sumber yang menyulutnya. Langkah yang terbaik untuk menghindarinya adalah si SUAMI lebih pengertian dan begitu pula si ISTRI. Tekanlah Nafsu anda dan cari kata hati anda terus turuti, karena ALLAH memberi kita hati supaya kita bisa merasakan bukan memaksakan.

Usai perceraian, keadaan akan baik-baik saja

Jika dalam hati anda terbesit kata-kata itu, atau teman anda bilang begitu yakinlah bahwa itu tidaklah benar. Hanya karena kalian sudah tidak menikah, pertengkaran masih bisa terjadi. Alasannya bisa bermacam-macam. Kuncinya adalah saat Anda sudah tidak menikah, Anda tidak lagi terikat dengan pertengkaran tersebut.

Anak-anak akan baik-baik saja setelah perceraian

Inilah yang paling menyedihkan jika ada teman anda mengatakan denikian.  Anak-anak korban perceraian tidak pernah baik-baik saja, terutama jika dia tinggal dengan satu orangtua saja. Kemungkinannya anak-anak harus melalui semacam terapi untuk melalui fase baru dalam kehidupannya. Bicara dari hati ke hati pada anak, cintai mereka, dan jelaskan bahwa perceraian ini bukan kesalahan mereka.

"Maka dari itu jika mencari jodoh carilah mereka yang bisa MEMAKLUMI, MEMAAFKAN, MEMOTIVASI kita di jalan ALLAH karena yang pasti mereka yang punya sifat diatas adalah mereka yang punya aqidah yang kuat dan baik."

arysandi.abatasa.com