14 Muharram 1444  |  Jumat 12 Agustus 2022

basmalah.png

Kerja dari Rumah Bikin Orang Lebih Cepat Lelah

Kerja dari Rumah Bikin Orang Lebih Cepat LelahFiqhislam.com - Beberapa perusahaan memberlakukan kebijakan yang membolehkan karyawannya bekerja dari rumah. Baik itu saat jam kerja maupun lembur (di luar jam kantor).

Mengerjakan tugas dari luar kantor memang dianggap bisa membuat waktu kerja lebih efisien, terutama bagi ibu bekerja.

Namun, menurut penelitian terbaru di Amerika yang dilansir Times of India, bekerja dari rumah justru meningkatkan rasa lelah karena timbulnya konflik antara pekerjaan dan keluarga. Profesor Timothy Golden dari Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York, mempelajari pengaruh telework (penggunaan teknologi komputer untuk bekerja dari rumah) terhadap peningkatan rasa lelah.

Dia menemukan bahwa tingkat kelelahan dipengaruhi oleh tipe telework yang dilakukan serta besarnya konflik antara pekerjaan dan keluarga yang dialami. Penelitiannya ini telah dipublikasikan secara online di Springer's Journal of Business and Psychology.

Jumlah orang yang menggunakan telework semakin meningkat terutama di negara-negara industri, karena mereka berpikir bahwa mengerjakan pekerjaan di rumah dapat mengurangi beban kerja mereka dan meningkatkan intensitas bertemu dengan keluarga. Profesor Golden mencoba memahami kapan konflik pekerjaan-keluarga mempengaruhi tingkat kelelahan. Dia menemukan, semakin tinggi tuntutan pekerjaan dan keluarga, semakin tinggi rasa lelah yang dirasakan.

Mereka yang telah memiliki konflik pekerjaan-keluarga akan mengalami tingkat kelelahan lebih tinggi ketika mengerjakan tugas kantor dari rumah, baik saat jam kerja normal (09.00 - 17.00) maupun di luar jam kerja (lembur). Namun bagi mereka yang tidak memiliki konflik tersebut (single atau belum berkeluarga-red), bekerja dari rumah memang mampu mengurangi tingkat kelelahan.

Profesor Golden berkata, "Mereka yang tidak memiliki konflik pekerjaan dan keluarga akan mendapatkan manfaat dari penggunaan telework, yaitu meningkatkan kualitas hidup mereka dan mengurangi kelelahan, daripada mereka yang memiliki konflik pekerjaan dan keluarga."

Mega Agnesty Anjasmoro - wolipop