5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Apa Efek Samping Bercinta Saat Haid?

Apa Efek Samping Bercinta Saat Haid?Fiqhislam.com - Melakukan hubungan saat sedang menstruasi sebaiknya dihindari, karena dari sudut pandang medis, ada beberapa akibat buruk yang terjadi bila melakukan hubungan seksual saat menstruasi.

Salah satunya saat menstruasi pembuluh darah di rahim banyak yang melebar dan terbuka, sehingga sangat mudah untuk menjadi sumber masuknya kuman yang menyebabkan infeksi.

Kedua bila terjadi orgasme, maka akan terjadi kontraksi otot dasar panggul dan dinding rahim yang menyebabkan darah menstruasi yang berada di dalam rahim menjadi terdorong keluar. Terdorongnya darah ini bisa melalui mulut rahim, namun dapat pula melalui saluran telur yang artinya darah menstruasi akan masuk ke rongga panggul.

Darah menstruasi ini juga mengandung sel kelenjar rahim yang akan tumbuh di tempat dia berada. Bila sel kelenjar ini masuk ke rongga panggul maka pada saat menstruasi akan menghasilkan darah yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh yang dikenal dengan endometriosis.

Dengan adanya akibat buruk yang mungkin terjadi bila melakukan hubungan seksual saat menstruasi, maka sebaiknya kita menghindari hubungan seksual saat menstruasi. Pada beberapa pasangan hal ini mungkin cukup sulit, karena saat menstruasi beberapa perempuan merasa libidonya lebih tinggi dari biasanya.

Namun hal ini dapat diatasi, anda dan pasangan masih dapat merasakan keintiman dengan berbagai cara yang lain, ataupun mengisi hari-hari saat menstruasi dengan berbagai kegiatan berdua.

Dr. Vanda Mustika
wolipop.com