13 Safar 1443  |  Selasa 21 September 2021

basmalah.png

5 Biaya Pengerat Gaji

5 Biaya Pengerat GajiFiqhislam.com - Terkait anggaran keuangan, biaya yang dikeluarkan untuk lima bidang di bawah ini akan menyita lebih dari 50 persen uang yang kita peroleh selama setahun. Inilah lima bidang tersebut:

Rumah
Biaya rumah mencakup lebih dari pembayaran hipotek bulanan dan asuransi pemeliharannya. Dengan asumsi 20 persen uang muka, tingkat hipotek 30 tahun tetap dan tingkat bunga dalam kisaran 5 persen sampai 6 persen. Tiga kali lipat pendapatan Anda praktis akan masuk ke dalam biaya total perumahan sekitar 30 persen dari pendapatan kotor Anda.

Kendaraan
Kebanyakan orang nyaman membeli mobil dari sepertiga pendapatan tahunan mereka. Sebuah mobil memiliki biaya lain dari sekedar pembayaran bulanan, yaitu asuransi, bensin, parkir dan pemeliharaan.

Membesarkan anak
Memutuskan untuk menjadi orang tua adalah kewajiban finansial yang besar. Mulai dari membesarkan anak dari bayi hingga menambahkan biaya kuliah.

Pendidikan
Kira-kira dibutuhkan waktu 10 tahun sampai anak-anak Anda lulus kuliah. Untuk memenuhi kewajiban keuangan ini setidaknya 10 persen dari penghasilan Anda per tahun guna memenuhi pembayaran sekolah.

Pensiun
Jangan meremehkan kebutuhan pensiun Anda. Sebuah aturan praktis adalah melipatgandakan penghasilan Anda saat ini untuk mempertahankan standar hidup sampai di masa pensiun.

Annisa Indri Lestari
mediaindonesia.com