10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Stres?

Fiqhislam.com - Jika dibandingkan dengan perempuan karier yang harus menghadapi setumpuk pekerjaan di luar rumah dan juga memikirkan pekerjaan di rumah, ibu rumah tangga ternyata lebih berisiko mengalami stres.

Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Stres? Sebuah jajak pendapat mengungkapkan bahwa ibu rumah tangga harus berusaha lebih keras mengatasi kesedihan, depresi, dan kemarahan daripada ibu bekerja. Meski begitu, hasil jajak pendapat ini masih diperdebatkan.

Menurut jajak pendapat yang digelar Gallup di Amerika ini, ada 26 persen ibu rumah tangga yang mengakui merasa sedih, sedangkan angka itu hanya 16 persen di antara ibu yang bekerja. Sebanyak 28 persen ibu rumah tangga mengatakan mereka telah didiagnosa dengan depresi, sedangkan pernyataan itu dibuat oleh hanya 17 persen dari ibu bekerja. Sementara itu, 50 persen dari kelompok ibu rumah tangga merasa stres dan 19 persen merasa marah, angka itu hanya 48 persen dan 14 persen pada kelompok ibu bekerja.

Apabila Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang sehari-harinya hanya berkutat dengan urusan rumah, berikut hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa stres dan lelah dalam mengurus rumah.

Pertama, bagilah tugas dengan pasangan dan putra-putri Anda. Contohnya apabila Anda sudah bersusah payah memasak di dapur, mintalah tolong pada pasangan atau buah hati Anda yang sudah cukup umur untuk mencuci piring. Selain melatih pasangan untuk lebih menghargai Anda, secara tidak langsung ini uga mengajarkan anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Apabila rumah Anda tergolong besar, carilah pembantu rumah tangga untuk membantu mengurus rumah. Berikanlah pekerjaan yang secukupnya pada pembantu Anda, jangan berlebihan. Apabila berlebihan, kualitas pekerjaannya juga tidak akan bagus. Jadi, bukannya menghindari stres, Anda malah jadi depresi.

mediaindonesia.com