13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Kiat Menghitung Gerakan Bayi dalam Kandungan

Kiat Menghitung Gerakan Bayi dalam KandunganFiqhislam.com - Bumil mulai bisa merasakan gerakan bayi dalam kandungan sekitar kehamilan 18-20 minggu. Jika sudah hamil untuk kedua kalinya atau lebih, bumil bisa merasakan gerakannya pada kehamilan 15-18 minggu. Semakin bertambah usia kehamilan, gerakannya pun mengalami perbedaan.

Jika biasanya bayi bisa memutar, pada kehamilan 36-40 minggu, saat bayi semakin membesar dan mengisi seluruh ruang rahim, gerakannya pun terbatas, hanya tendangan, tinju tangan atau kakinya bahkan mungkin tendangan ke arah bawah tulang tusuk. Posisi bayi juga memengaruhi gerakan ini.

Biasanya dua minggu terakhir kehamilan, gerakan bayi juga mulai menurun. Namun ibu tak perlu khawatir. Ibu bisa mendeteksi gerakan bayi apakah tergolong normal atau tidak. Sebaiknya mulailah menghitung gerakan bayi dalam kandungan untuk memastikan janin baik-baik saja.

Berikut sejumlah kiat menghitung gerakan bayi dalam kandungan, oleh dr Suririnah dalam bukunya, Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan:

* Menghitung gerakan bayi dalam kandungan sudah dapat dimulai sejak bumil dapat merasakan gerakan janinnya secara teratur. Biasanya bumil sudah mengetahui atau menyadari kapan biasanya bayi cenderung lebih aktif bergerak. Dianjurkan mulai kehamilan 28 minggu, ibu mulai melakukan perhitungan ini.

* Pilih saat pagi, siang atau malam yang tepat ketika Anda merasakan bayi bergerak paling aktif. Usahakan melakukan pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan memberi hasil yang lebih akurat.

* Posisi yang santai buat Anda adalah duduk atau berbaring, bisa sambil mendengarkan musik, yang penting tidak melakukan aktivitas yang dapat menganggu.

* Mulai menghitung, catat jam mulai, hitung setiap pergerakan sampai 10 kali, catat jam terakhir mencapai 10 kali gerakan, dan jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai 10 gerakan ini.

* Gerakan yang dihitung adalah gerakan tendangan, tinju, memutar dan bukan cegukan.

* Bila merasa gerakan bayi agak lama, cobalah berjalan atau mengubah posisi tidur.

* Bila dalam empat jam Anda tidak merasakan gerakan atau dalam 12 jam tidak merasakan periode aktif bayi Anda, segera konsultasikan ke dokter. [yy/kompas]