pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


4 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 14 Juni 2021

Ingin Tetap Bugar Seusai Melahirkan? Ikuti Pola Makan Ini!

Ingin Tetap Bugar Seusai Melahirkan? Ikuti Pola Makan Ini!Fiqhislam.com - Usai melahirkan, energi tubuh serasa terkuras habis. Tubuh terasa lemas dan lemah sehingga butuh pemulihan. Ada beberapa langkah penting dalam hal konsumsi makanan agar ibu cepat pulih dan bugar kembali.

Saat baru melahirkan, tubuh yang lemas butuh asupan makanan yang kaya nutrisi. Mulailah dengan rajin mengonsumsi makanan sehat dalam pola yang benar. Manfaatnya tak hanya akan dirasakan sendiri, namun juga pada air susu yang akan diberikan pada sang buah hati.

1. Jangan lupa sarapan

Awali pagi Anda dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Paduannya bisa telur dan yogurt yang berprotein tinggi, dan karbohidrat dari nasi, sereal ataupun roti. Karbohidrat kompleks ini bisa memberikan energi yang lebih lama dan membuat ibu kenyang lebih lama. Selain itu, makanan tinggi karbohidrat dan protein juga bisa memberi nutrisi lebih pada tubuh pasca melahirkan.

2. Makan sedikit tapi sering

Dibanding makan 3 kali sehari dalam jumlah besar, makanlah 5 kali sehari dalam porsi yang lebih sedikit. Hal ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan berenergi seharian. Makan sedikit namun sering bisa membuat tubuh terhindar dari rasa lapar berlebihan dan efeknya justru makan hingga kekenyangan.

3. Jangan langsung diet

Saat hamil dan melahirkan, bobot tubuh ibu biasanya naik secara signifikan. Demi bentuk badan, banyak ibu yang langsung ingin berdiet agar ramping kembali. Namun jangan terburu untuk melakukan diet ketat. Tubuh masih dalam masa pemulihan, dan si kecil butuh banyak nutrisi, terlebih di awal-awal kelahirannya. Tak cuma diet, mengurus anak juga terbukti ampuh turunkan bobot tubuh.

4. Banyak minum

Minggu-minggu pertama pasca melahirkan, tubuh masih merasa mudah lelah dan haus. Apalagi jika Anda masih dalam tahap penyesuaian untuk menyusui. Karenanya, banyak minum air putih jadi keharusan. Letakkan gelas ataupun botol minum di tempat yang mudah dijangkau, sehingga Anda bisa selalu ingat untuk minum air putih. [yy/detikhealth]