18 Dzulhijjah 1442  |  Rabu 28 Juli 2021

basmalah.png

Persalinan Lancar, Jangan Berlebihan Naikkan Berat Badan

Persalinan Lancar, Jangan Berlebihan Naikkan Berat Badan Fiqhislam.com - Menjaga berat badan pada masa kehamilan ternyata sangatlah penting. Jika terlalu berat, Anda berisiko terkena berbagai penyakit. Sementara jika berat badan kurang, maka hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan Anda.
 
Setiap wanita memiliki bentuk tubuh dan kehamilan yang berbeda. Ini juga akan berpengaruh terhadap berat badan Anda saat hamil. Jumlah berat badan selama kehamilan bergantung pada berapa berat badan Anda sebelum kehamilan. Penekanannya adalah pada konsep pola bertahap dan konsisten dalam kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan total rata-rata adalah sekira 12 kg selama fase kehamilan, demikian yang dilansir Healthmeup.
 
Pola normal berat badan adalah sekira 1 sampai 2 kilo selama tiga bulan pertama, diikuti oleh 0,4 kilo per minggu atau 1 sampai 2 kilo per bulan selama enam bulan terakhir. Namun, pola ini berbeda pada setiap wanita.
 
Kenaikan berat badan terlalu sedikit akan membuat bayi Anda sulit untuk tumbuh dengan baik atau kenaikan berat badan terlalu banyak akan membuat Anda kehabisan tenaga, proses lebih lama dan lebih sulit pada saat melahirkan.
 
Cara terbaik untuk memulai kehamilan adalah dengan memiliki berat badan yang sehat. Jumlah berat badan Anda sebelum hamil akan membantu Anda memiliki kehamilan dan kelahiran yang lebih nyaman. [yy/okezone/foto blogspot.com]