4 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 30 September 2022

basmalah.png

Ibu Hamil 7 Bulan Wajib Konsumsi Buah Segar dan Salmon

Ibu Hamil 7 Bulan Wajib Konsumsi Buah Segar dan SalmonFiqhislam.com - Mencapai trimester ketiga kehamilan, pertumbuhan janin sedang pesat-pesatnya. Makanan yang dikonsumsi sang ibupun sangat membantu perkembangannya. Karena itu, perlu lebih cermat dalam memilih menu makanan yang bergizi tinggi!

Untuk menunjang pertumbuhannya, bayi dalam kandungan memerlukan nutrisi lengkap. Nah, agar ibu dan anak tetap sehat dan tercukupi gizinya, situs San Fransisco Gate memberikan beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi ini.

1. Ikan salmon

Saat trimester ketiga, perkembangan otak janin berjalan cepat. Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti ikan salmon sangat membantu pertumbuhan otaknya. Salmon merupakan makanan yang tinggi kandungan docosahexaenoic acid atau DHA yang bisa membantu perkembangan sistem saraf.

2. Telur

Dalam tiap butirnya, telur mengandung kolin, nutrisi yang membantu fungsi sel-sel tubuh janin. Seperti dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi telur yang direbus hingga matang ataupun makan telur orak-arik saat sarapan bisa mencukupi kebutuhan janin akan kolin.

3. Daging dan kacang

Sang bayi dalam kandungan butuh protein yang cukup untuk pertumbuhan sistem syaraf dan juga ototnya. Makanan berprotein tinggi juga mengandung zat besi dan seng. Zat besi bisa mencegah kelahiran prematur dan bayi dengan berat di bawah normal. Konsumsilah daging, ikan dan juga kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi.

4. Buah dan sayur

Makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur harus rajin dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalamnya terdapat serat yang bisa mencegah konstipasi. Konstipasi merupakan kondisi yang paling banyak dikeluhkan ibu hamil. Buah dan sayur juga mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, juga mendukung kesehatan tulang dan gigi. [yy/detik.com]