23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Kedelai Jepang Bagus Untuk Kesehatan Wanita

Kedelai Jepang Bagus Untuk Kesehatan WanitaFiqhislam.com - Edamame atau kedelai Jepang, adalah varietas kedelai yang dipanen saat telah mencapai kematangan. Edamame memiliki rasa agak manis dan bertekstur lembut.

Edamame bisa menjadi tambahan bergizi untuk diet setiap wanita karena protein tinggi dan kadar lemak rendah. Bahkan, varietas kedelai hijau ini mengandung 36% protein.

Edamame mengandung banyak protein, phytochemical atau isoflavon, dan lemak monounsaturated.

Porsi ½ cangkir mengandung sekitar 11 gram protein dalam 125 kalori. Lemak dalam edamame adalah mononunsaturated, tipe yang terkait dengan HDL meningkat atau ‘kolesterol baik’, dan menurunkan LDL, ‘kolesterol jahat’.

Analisis kimia menunjukkan kandungan lemak dapat bervariasi antara 5 dan 6,9 %, atau sekitar 6 gram per porsi ½ cangkir . Karena itu, edamame baik untuk kesehatan jantung.

Edamame mengandung berbagai vitamin dan mineral, yang juga berkontribusi terhadap konten berlimpah gizinya. ½ cangkir edamame mengandung 100 gram atau 130 mg kalsium, 430 mg kalium, 2,7 mg zat besi 40 mg vitamin C, dan 5 mg sodium.

Menurut Ohio Farm Bureau Federation Marissa Mullett pada tahun 2008, perempuan khususnya dapat mengambil manfaat dari potensi isoflavon untuk meningkatkan kepadatan tulang, karena membantu mencegah osteoporosis, penyakit yang ditandai dengan tulang lemah pada orang tua.

Kejadian osteoporosis dikaitkan dengan penurunan produksi estrogen, hormon perempuan primer, yang biasanya terjadi setelah menopause. Isoflavon menurunkan risiko berkembangnya kanker payudara pada wanita pra-menopause. [yy/
pelitaonline.com/foto pelitaonline.com]