pustaka.png
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Kenapa Gigi Lubang Bikin Ibu Hamil Keguguran

Kenapa Gigi Lubang Bikin Ibu Hamil Keguguran

Fiqhislam.com - Menurut dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Internasional Bintaro, Badar T. Johan, gigi berlubang pada ibu hamil tak hanya dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, resiko yang lain adalah bayi lahir dengan berat badan rendah. 
 
Penyebab bayi lahir dengan berat badan rendah pada ibu hamil yang memiliki gigi dan gusi yang tidak sehat adalah akibat kesulitan mengunyah. Kondisi tersebut menyebabkan ibu tambah enggan makan.
 
Ditambah pula, saat hamil, jumlah hormon estrogen dan progesteron tinggi sehingga menyebabkan aliran darah jadi lebih banyak ke daerah gusi. “Gusi sering mengalami atrofi atau pembengkakan, ditambah ada gigi yang berlubang,bagaimana sakitnya?” kata Badar.
 
Akibat pembengkakan ini, gusi mudah sekali berdarah. Jika tidak sering dibersihkan, sisa makanan yang ada akan menjadi plak, dan banyak bakteri berkumpul di situ. Tapi, jika dibersihkan, kerap kali menyebabkan luka kecil yang gampang membesar, serta menimbulkan infeksi berat. Makan pun semakin susah.
 
Akibat ibu hamil yang “malas” makan ini, asupan gizi jadi sedikit, dan tidak semuanya sampai ke bayi. Sebab, dalam kondisi terkena infeksi, sebagian gizi ibu dipakai untuk melawan infeksi kuman. "Inilah yang menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah," kata Badar. [yy/tempo.co]