10 Rabiul-Awwal 1444  |  Kamis 06 Oktober 2022

basmalah.png

Cantik & Bugar Usai Melahirkan

Cantik & Bugar Usai MelahirkanFiqhislam.com - Setiap wanita usai menjalani proses kelahiran sang buah hati pastinya menginginkan secara fisik tetap kembali cantik dan bugar.  Namun hal tersebut tentunya harus dilakukan dengan perawatan yang tepat. Seperti apa?

Perawatan tubuh
Pijat plus aromaterapi. Selain nikmat, pijat dapat membantu mengurangi selulit dan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, pijat juga dapat menyegarkan tubuh dan pikiran.

Bila peredaran darah lancar dan energi tubuh meningkat, maka tumpukan lemak dalam tubuh akan berkurang, sekaligus membuat tubuh menjadi relaks. Selain perawatan tubuh, yang paling penting juga perawatan untuk mengencangkan kulit perut yang kendor akibat bersalin

Rutin berjalan
Dengan kehadiran bayi, mencari waktu yang pas untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas harian tentu merupakan hal rumit, tetapi bukan berarti tidak mungkin, selama Anda menjadikannya sebagai prioritas.

Anda bisa mulai dengan beberapa latihan lembut, termasuk latihan panggul dasar dan otot perut bawah secara bersaman, Sementara, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan latihan aerobik, jalan cepat atau berenang.

Hanya saja, Anda sebaliknya menahan dulu keinginan Anda untuk berenang sekurang-kurangnya 6 minggu pertama untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

Fokus pada gerakan cepat menggunakan tangan dan kaki yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Upayakan untuk berjalan sambil mendorong kereta bayi. Dengan punggung tegak, berjalan akan meingkatkan sirkulasi dan memberikan tubuh Anda latihan lembut.

Di samping itu, berada di luar ruangan dengant etap di sekitar bayi dapat meningkatkan mood sekaligus kebugaran tubuh Anda.

Kualitas makanan
Jangan terlalu sering makan siang di luar rumah, karena makanan yang tak terkontrol bisa menimbun banyak lemak. Bawalah lunch box sendiri dari rumah (apabila Anda sudah masuk kerja).

Jangan lupa dengan asupan gizi yang baik yang terkandung dalam makanan. Makanan bergizi akan membuat kulit tampak sehat dan bersih.

Cemilan sehat
Jika selama ini cemilan Anda berupa gorengan, kue–kue manis, cake, ice cream, dan cokelat, sekarang beralih ke yang segar–segar, seperti jus buah dan sayuran atau yogurt. Sesekali mencoba kue manis boleh–boleh saja, tetapi batasi hanya sepotong kecil saja.

Minum air putih
Banyak minum air putih sangat baik, karena air putih tidak membuat gemuk. Fungsi air dalam tubuh membawa nutrisi dan membuang racun dan menghanyutkan kotoran yang mengendap dalam tubuh.

Minumlah air putih sebelum makan siang, sehingga perut akan terasa penuh dan ini bisa mengurangi nafsu makan. Disamping itu kulit Anda pun menjadi lembap, segar dan bercahaya.

Alami dengan menyusui
Kebanyakan perempuan biasanya akan melakukan berbagai upaya untuk dapat menurunkan berat badan yang bertambah selama masa kehamilan dan pascamelahirkan.

Banyak cara untuk kembali langsing setelah melahirkan. Tetapi ada beberapa cara alami dan relatif aman untuk dijalani. Salah satunya adalah dengan menyusui. [yy/
inilah.com]