5 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 29 Nopember 2022

basmalah.png

Ingin Langsing? Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan 10 Langkah Ini

Ingin Langsing? Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan 10 Langkah IniFiqhislam.com - Metabolisme yang sehat adalah kunci penurunan berat badan. Setiap kali makan atau minum, semua kalori yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi melalui proses metabolisme. Semakin cepat metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang terbakar menjadi energi.

Peningkatan sistem metabolisme tubuh dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Berikut 10 langkah untuk meningkatkan metabolisme, seperti dikutip dari Health, Kamis (16/5/2013):

1. Tidur cukup
Jika ingin menurunkan berat badan, perhatikan jam tidur Anda. Para peneliti telah menemukan hubungan antara metabolisme dan tidur. Mereka mengungkapkan bahwa tidak memiliki jam tidur yang cukup bisa memperlambat metabolisme.

2. Minum teh hijau
Tidak hanya mengandung antioksidan, peneliti juga menemukan bahwa teh hijau dapat mempercepat metabolisme. Selain itu, minuman ini juga secara alami bebas kalori.

3. Tingkatkan intensitas latihan
Melakukan High Intensity Interval Training (HIIT), yaitu dengan melakukan lari dan jalan bergantian. Latihan ini dapat meningkatkan metabolisme dan menjaga kalori tetap terbakar bahkan hingga beberapa saat setelah latihan selesai.

4. Jangan melewatkan sarapan
Sarapan dapat menyediakan bahan bakar tubuh dan mengisi glikogen untuk menjaga tingkat gula darah. Selain itu, sarapan juga meningkatkan energi dan mengurangi rasa lapar, sehingga menciptakan metabolisme yang sehat sepanjang hari.

5. Lakukan latihan angkat beban
Angkat beban tidak hanya membantu menurunkan berat badan. Latihan ini juga membantu mempercepat tingkat metabolisme.

6. Banyak minum air putih
Minum air putih yang cukup merupakan cara sederhana untuk membantu proses pencernaan dan membakar kalori. Direkomendasikan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

7. Memberi rasa pedas dalam makanan
Saat memasak, cobalah untuk memberikan sedikit sensasi pedas dalam menu makanan Anda. Efek panas dari lada ditimbulkan dari capsaicin. Zat ini tidak hanya akan menambah rasa, namun juga bisa membantu meningkatkan metabolisme.

8. Latihan kardio
Latihan kardio seperti 45 menit bersepeda diyakini dapat mempercepat tingkat metabolisme selama lebih dari 12 jam.

9. Atur menu dan pola makan
Siapa yang tahu bahwa makan yang benar membantu mempercepat membakar kalori? Makanan tertentu seperti tuna dan jeruk telah terbukti dapat mempercepat metabolisme. Konsumsi cukup protein juga terbukti meningkatkan metabolisme, sehingga sarapan dengan menu telur bisa menjadi pilihan baik untuk meningkatkan metabolisme.

10. Tertawa
Para peneliti telah menemukan bahwa tertawa minimal 10 menit per hari dapat membakar energi. Cobalah untuk bertukar cerita lucu dengan teman setiap harinya agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

[yy/health.detik.com]