8 Rabiul-Awwal 1444  |  Selasa 04 Oktober 2022

basmalah.png

Kurang Tidur Akibatkan Kegemukan

Kurang Tidur Akibatkan KegemukanFiqhislam.com - Siapa bilang dengan begadang berat badan akan berkurang? Mereka yang memiliki kebiasaan begadang atau tidak memiliki jam tidur yang cukup justru lebih mungkin bisa kelebihan berat badan.

"Terkadang orang ingin kurus lalu dengan begadang padahal begadang atau kurang tidur justru memicu naiknya berat badan," kata ahli nutrisi dan makanan, Emilia Achmadi MS. RD di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mengapa demikian? Emilia menerangkan, karena saat tidur tubuh manusia memproduksi hormon Leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan.

Sebaliknya, ketika terjaga tubuh lebih banyak memproduksi hormon Ghrelin yang membuat seseorang menginginkan untuk mengunyah makanan, khususnya makanan berlemak.

"Ini sebabnya mengapa orang yang kurang tidur waktu malam lalu mengisi waktu mereka dengan mengemil atau mencari makanan berat," imbuhnya.

Karenanya, kata Emilia, selain meningkatkan daya tahan tubuh, tidur yang cukup setidaknya tujuh jam membantu menjaga berat badan seimbang, selain dari kebiasaan dan pola makan yang sehat serta gaya hidup lainnya yang baik. [yy/
inilah.com]