17 Muharram 1444  |  Senin 15 Agustus 2022

basmalah.png

Faktor-faktor Penyebab Wanita Menua Lebih Cepat

Faktor-faktor Penyebab Wanita Menua Lebih Cepat Fiqhislam.com - Penuaan dini ibarat mimpi buruk yang datang terlalu cepat. Tak heran bila banyak wanita merasa takut mengalaminya. Tapi, masalah ini tentu saja bisa dicegah jika Anda mengenalinya sejak awal. Namun banyak orang belum mengetahui faktor apa saja yang bisa membuat orang mengalami penuaan dini yang umumnya lebih cepat terlihat dari kondisi kulit.

Berikut ini beberapa faktornya, seperti diungkapkan oleh dr. Astrid Fabiola Tilaar, dalam Sari Ayu Talkshow "Kosmetik Organik Solusi Awet Muda yang Efektif & Aman", di Atrium Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara.

1. Hormon
Penurunan kadar hormon dan berkurangnya massa otot termasuk dalam tanda-tanda penuaan dini. Proses penuaan dini biasanya terjadi pada usia 25 - 35 tahun.

2. Radikal Bebas
Efek radikal bebas terhadap kulit bisa merusak pembuluh darah, serta mengganggu distribusi melanin. Sehingga sangat diperlukan antioksidan dan protein untuk mengikat radikal bebas dan memberi perlindungan terhadap sinar matahari. Teh hijau merupakan bahan alami penangkal radikal bebas karena kandungan flavonoidnya (jenis antioksidan paling baik untuk kulit) yang tinggi.

3. Sinar Matahari
Sinar matahari adalah faktor eksternal yang bisa berpengaruh secara signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Biasanya waktu yang berbahaya dan harus dihindri adalah terkena paparan sinar matahari pada pukul 10.00 - 15.00. Oleh karena itu penggunaan tabir surya pada wajah sangat penting. Gunakan krim tabir surya dengan minimal 30 SPF.

yy/wolipop.com