5 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 29 Nopember 2022

basmalah.png

Sembarangan Pakai Bra, Ini Efek Kesehatan yang Harus Ditanggung

Sembarangan Pakai Bra, Ini Efek Kesehatan yang Harus DitanggungFiqhislam.com - Mengenakan sembarang bra dengan ukuran yang salah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi wanita. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari hal tersebut.

Bra yang terlalu longgar atau terlalu ketat tidak hanya merusak ukuran dan bentuk payudara, tetapi juga membahayakan kesehatan si empunya tubuh. Mulai dari nyeri punggung hingga kanker payudara harus ditanggung bila wanita sembarangan pakai bra.

Lebih rinci, berikut beberapa ancaman kesehatan yang mengintai wanita yang menggunakan bra dengan ukuran yang salah, seperti dilansir Boldsky, Kamis (6/6/2013):

1. Lecet kulit
Mengenakan bra yang tidak tepat dapat menyebabkan lecet kulit di sekitar payudara, terutama bila ukurannya terlalu ketat untuk ukuran payudara Anda.

2. Nyeri payudara
Ini adalah efek kesehatan yang paling banyak dirasakan wanita bila mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Bra terlalu ketat akan membuat aliran darah di sekitar payudara menjadi tidak lancar. Hal ini membuatnya tidak nyaman terutama menyebabkan nyeri payudara.

3. Nyeri punggung
Ukuran bra yang salah juga menyebabkan Anda sering mengalami nyeri punggung. Hal ini biasanya terjadi pada wanita-wanita dengan ukuran payudara besar. Menggunakan bra yang tidak tepat membuat kurangnya topangan di dada, padahal efek gravitasi membuat si pemilik payudara besar lebih rentan bungkuk sehingga dapat menyebabkan nyeri pada daerah punggung.

4. Payudara kendur
Mengenakan bra berukuran salah dapat merusak bentuk dan ukuran payudara. Alih-alih mengangkat dan menjaga bentuk, bra justru bisa mengendurkan payudara terutama bila ukurannya terlalu longgar.

5. Nyeri bahu dan leher
Ini juga adalah salah satu efek kesehatan memakai ukuran bra yang salah, terutama bila Anda menggunakan ukuran bra yang terlalu ketat. Untuk itu, gunakanlah ukuran yang tepat setiap waktu untuk menghindari komplikasi kesehatan.

6. Tersumbatnya kelenjar getah bening
Mengenakan bra dengan ukuran cup lebih kecil dari seharusnya dapat menyebabkan kegagalan kelenjar getah bening.

7. Postur tubuh yang buruk
Mengenakan ukuran bra yang salah dapat merusak postur tubuh. Nyeri yang terasa di daerah bahu, leher dan punggung cenderung membuat Anda lebih sering membungkuk, yang bila dibiarkan terus-menerus akan merusak postur tubuh.

8. Kanker payudara
Dalam kasus yang ekstrem, menggunakan bra dengan ukuran yang salah juga dapat memicu kanker payudara. Hal ini bisa terjadi karena ukuran bra yang terlalu ketat akan memblokir aliran darah ke payudara, yang dapat menyebabkan kanker.

[yy/health.detik.com]