14 Rajab 1444  |  Minggu 05 Februari 2023

basmalah.png

Hanya 3 Tahun Operasi Plastik Terlihat Cantik

Hanya 3 Tahun Operasi Plastik Terlihat CantikFiqhislam.com - Penelitian mengungkapkan, pasien bedah plastik kosmetik hanya tiga tahun saja kelihatan lebih muda setelah operasi. Setelah itu hasil operasi tidak membantu meningkatkan penampilan mereka.

Operasi bedah plastik meliputi angkat alis, operasi kelopak mata; operasi hidung dan bagian lainnya pada wajah.

"Tapi saya tidak ingin orang berpikir, 'Oh, jika saya mendapatkan face-lift, saya hanya akan terlihat tiga tahun lebih muda'. Penelitian ini termasuk orang-orang yang hanya punya eye-lift atau mengangkat alis," kata pemimpin penelitian, ahli bedah plastik wajah di Lenox Hill Hospital di New York City.

Penelitian sebelumnya pada 2012 dari Universitas Toronto mengungkapkan, face-lift atau neck-lift bisa membuat tampilan lebih muda sembilan tahun dari usia sebenarnya.

Peneliti melibatkan 50 subyek menilai foto 49 pasien dengan usia 42%-73% yang mereka pernah menjalani operasi mata.

Seperti dilansir darinydaily, korespoden diminta menebak berapa umur anak tersebut. Subjek sebelumnya tidak mengetahui kalau mereka pernah menjalani operasi plastik.

Hasilnya, kebanyakan pasien dianggap memiliki kecantikan dan tampil lebih muda yaitu 2.1 lebih muda. [yy/inilah.com]

Apa Alasan Perempuan Operasi Plastik?


Banyak hal yang jadi alasan perempuan untuk melakukan operasi plastik.

Menurut salah satu dokter kulit terkemuka, kaum perempuan usia 60-an saat ini bahkan banyak yang meminta operasi plastik agar dapat mempertahankan pekerjaan dan mendapatkan kehormatan.

Dr Macrene Alexiades-Armenakas, mengatakan kepada The New York Times bahwa banyak di antara kliennya yang sudah berusia sangat tua, terdiri atas editor majalah, perencana keuangan, bahkan selebriti, yang berusaha ingin tampil seperti masih berusia 45 sampai 55 tahun.

Jika pada masa lalu pasiennya meminta operasi plastik agar suami tetap tertarik pada mereka, kini alasan itu sudah berubah. Kaum perempuan ingin menambah perawatan kecantikan untuk menjaga karier mereka.

“(Mereka) Ingin tetap aktif hingga usia 60 tahun. Orang-orang ingin melihat (bahwa para perempuan ini punya) energi,” ungkapnya.

Tujuan kaum perempuan menjalani bedah plastik adalah untuk memutar kembali waktu 10 tahun ke belakang, dan melakukannya dengan cara yang tidak terlalu berlebihan. Untuk mereka yang sudah memiliki jabatan tinggi, wajah yang terlihat lelah dapat menjadi "pembunuh" karier. Sebab, perusahaan butuh wajah pemimpin yang enerjik untuk pencitraan.

“Perawatan halus untuk kulit wajah dapat membantu mempertahankan posisi profesional kerjanya,” imbuh Dr Alexiades-Armenakas, yang banyak menangani perawatan chemical peeling dan terapi laser.

Namun, Dr Alexiades-Armenakas menegaskan bahwa dirinya tidak akan mendorong pasiennya untuk melakukan sesuatu yang dirasa tidak perlu.

“Operasi plastik itu layaknya seperti pohon buatan. Ada daun yang hijau cerah dan coklat sempurna. Tapi itu tidak terlihat seperti pohon yang nyata,” tandasnya. [yy/tribunnews.com]