12 Muharram 1444  |  Rabu 10 Agustus 2022

basmalah.png

Operasi Plastik Bikin Cantik Tapi tak Menarik

Operasi Plastik Bikin Cantik Tapi tak Menarik

Fiqhislam.com - Banyak wanita atau bahkan pria yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan operasi plastik demi mendapatkan penampilan yang menawan. Tetapi, apakah benar dengan operasi plastik penampilan seseorang akan terlihat lebih menarik? Jawabannya: tidak.

Studi terbaru menemukan bahwa operasi plastik memang bisa membuat anda tampak beberapa tahun lebih muda, tapi tidak lebih menarik. Studi ini melibatkan 37 wanita dan 12 pria, yang melakukan operasi plastik seperti facelift dan menaikkan kelopak mata.

Mereka mengaku bahwa dengan operasi plastik akan membuat mereka merasa tiga tahun lebih muda, tapi tidak berpengaruh pada daya tarik yang mereka rasakan. Studi ini sudah dipublikasikan di journal JAMA Facial Plastic Surgery.

"Dorongan untuk terlihat awet muda dan daya tarik, menjadi faktor pendorong utama yang membuat pasien rela melakukan operasi plastik. Tapi dari penelitian ini, terlepas dari usia, tampaknya tingkat daya tariknya akan tetap sama," kata para peneliti, seperti yang dilansir laman ABC News, Senin (5/8).

Selanjutnya, dalam studi tersebut, 50 pria dan wanita diminta untuk menebak usia pasien dan menilai daya tarik mereka dengan skala nol sampai sepuluh. Rata-rata, mereka akan menilai pasien dengan umur beberapa tahun lebih muda. Tapi, tingkat daya tariknya justru menurun.

Para peneliti berteori bahwa, daya tarik akan dikaitkan dengan usia. Artinya, saat pasien tampak lebih muda pasca operasi, skor daya tarik mereka turun karena langsung dibandingkan dengan orang yang lebih muda.

"Karena daya tarik dianggap sepadan dengan usia, maka dengan operasi wajah, orang merasa usianya akan lebih muda karena tidak terlihat tua, dan itu disertai oleh meningkatnya daya tarik mereka," tulis para peneliti.

Selain itu, orang lain akan merasakan tingkat daya tarik seseorang jika usianya dirasa pas untuk orang tersebut.

Menariknya, penilai perempuan cenderung memberi nilai yang lebih tinggi terhadap daya tarik pasien. Sebanyak 75 persen dari semua nilai yang diberikan berkisar empat sampai tujuh poin.

Menurut data American Society of Plastic Surgeons, tahun 2012 dilakukan prosedur operasi plastik sebanyak 1.594.526 kali. Menaikkan kelopak mata adalah prosedur ketiga yang paling umum dilakukan, dengan 204.000 pasien dan lebih dari 98.000 pasien berusia 55 tahun ke atas. Bahkan, jika diakumulasikan, tahun ini seluruh biaya operasi plastik yang dihabiskan semua orang Amerika mencapai Rp 14 triliun. [yy/jpnn.com]

 

Hanya 3 Tahun Operasi Plastik Terlihat Cantik

5 Fakta Mengerikan Seputar Operasi Plastik

Operasi Plastik di Korea Selatan Kian Ekstrem

Hindari 3 Operasi Plastik Berisiko Tinggi Ini