21 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 27 Oktober 2021

basmalah.png

Wanita Hamil Sebaiknya Tak Konsumsi Kopi dan Tauge Mentah

Wanita Hamil Sebaiknya Tak Konsumsi Kopi dan Tauge MentahFiqhislam.com - Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, selama kehamilan pola makan perlu diatur. Makanan yang dikonsumsi terjamin kebersihannya. Harus terbebas dari bakteri dan kuman agar aman dikonsumsi dan memberi manfaat maksimal.

Bakteri pada makanan sangat merugikan kesehatan, terutama bagi wanita hamil. Karena itu beberapa makanan harus dihindari agar tumbuh kembang janin tidak terganggu. Termasuk lima jenis makanan ini.

1. Daging mentah

Burger dan steak bisa dinikmati oleh wanita hamil. Asalkan daging yang disajikan harus benar-benar matang. Jika tersaji masih mentah atau setengah matang kemungkinan daging mengandung toxoplasma dan berbagai bakteri yang akan mengganggu janin. Pastikan daging dipanaskan dengan di atas suhu 70 C.

2. Jus buah segar

Jus buah segar yang dijual di restoran pastilah tidak dipasteurisasi dahulu untuk menghilangkan bakteri berbahaya. Jenis bakterinya seperti salmonella dan E. Coli. Bagi wanita hamil sebaiknya hindari minuman ini kecuali jika jus dari buah yang sudah dipasteurisasi.

3. Adonan kue kering

Mungkin sebagian wanita hamil gemar membuat kue. Saat membuatnya jangan tergoda untuk mencicipi adonan yang masih mentah. Pasalnya menurut penelitian CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menemukan adanya 20.000 bakteri salmonella yang berasal dari telur.

4. Tauge mentah

Tauge dan lobak mentah perlu dihindari wanita hamil. Tanaman yang tumbuh langsung di atas tanah ini dapat tercemar bakteri dan kuman. Terlebih jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jika ingin dikonsumsi sebaiknya dicuci bersih dan dimasak dahulu.

5. Kopi

Kafein tidak akan dikonsumsi wanita hamil, karena bisa menimbulkan risiko keguguran. The March of Dimes merekomendasikan, wanita yang sedang hamil perlu membatasi asupan kafein hingga 200 mg setiap hari. Tidak hanya kopi, kafein juga banyak terkandung di dalam soda, teh dan minuman energi.

yy/detik.com