10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Waspadai Berenang Saat Masa Kehamilan

Waspadai Berenang Saat Masa KehamilanFiqhislam.com - Olahraga semasa kehamilan memang dianjurkan. Namun, ada baiknya untuk teliti dalam memilih olahraga. Bila perlu, konsultasikan ke dokter kandungan tentang olahraga apa yang cocok dilakukan. Alih-alih menyehatkan ibu dan janinnya, pemilihan olahraga yang tidak tepat justru bisa menimbulkan masalah kesehatan, olahraga renang misalnya.

“Sebuah penelitian yang dilakukan oleh St John’s Institute of Dermatology dan Universitas Manchester menunjukkan, berenang bisa meningkatkan risiko alergi pada si jabang bayi nantinya,” tulis Daily Mail, Senin, 2 September 2013. Alergi ini ditimbulkan dari bahan kimia yang ditemukan di kolam renang.

Klorin, terutama, banyak ditemukan di kolam renang. Klorin bisa berasal dari produk pembersih. Zat kimia ini bisa meningkatkan risiko alergi hingga 5 kali lipat dalam 50 tahun terakhir. Paparan bahan kimia ini dapat mengubah sistem kekebalan janin, yang akhirnya membuat bayi lebih peka terhadap asma dan demam.

Peringatan ini ditulis dalam sebuah laporan dalam British Journal of Dermatology yang melihat pertumbuhan alergi atopik, yakni alergi yang terjadi karena kegagalan kekebalan tubuh yang membuat tubuh seseorang menjadi hipersensitif.

Sebuah teori, yang dikenal dengan “hipotesis kebersihan” diduga menjadi penyebabnya. Hipotesis kebersihan merupakan sebuah gaya hidup yang terlalu bersih. Gaya hidup yang terlalu bersih, terutama pada anak, akan membuat imun tubuh tidak terbiasa menghadapi kuman. Barulah, ketika kuman berhasil masuk ke dalam tubuh, imun tak berdaya menghadapinya, dan akhirnya alergi pun muncul.

Hal ini pula yang terjadi di kolam renang. Klorin, yang berada dalam pembersih, justru membawa zat berbahaya bayi janin yang masih begitu rentan. Ditambah lagi, kekebalan tubuh yang semakin lemah terhadap kuman, turut memudahkan alergi masuk ke tubuh janin di kemudian hari. [yy/tempo.co]