10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Kenali Dampak Buruk Kafein Bagi wanita

Kenali Dampak Buruk Kafein Bagi wanitaFiqhislam.com - Kafein memang banyak disukai orang. Tapi jika berlebihan mengkonsumsinya, tentu akan dapat berdampak buruk, terutama pada wanita. Simak berbagai efek samping minum kopi pada wanita selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Caffenism
Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan sindrom yang dialami setelah minum kopi berupa cemas, gelisah, dan gangguan tidur. Kafein pada kopi merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon penyebab stres. Akibatnya, gula dalam darah naik, detak jantung meningkat, dan otot jadi kaku.

Gangguan pencernaan
Jika konsumsi kopi dan kafein berlebih tidak dihentikan, senyawa yang terkandung di dalamnya bisa merusak lapisan lambung dan memicu berbagai gangguan pencernaan. Kafein juga membuat respon asam meningkat dan menyebabkan diare atau sembelit.

PMS
PMS adalah gejala nyeri menjelang atau selama siklus haid pada wanita. Selain nyeri, kembung, kram, dan sakit kepala juga sering dikeluhkan oleh kaum hawa. Bisa jadi PMS tersebut dipicu oleh konsumsi kafein berlebihan. Sebab kafein sifatnya menurunkan kandungan vitamin B dan mengganggu metabolisme.

Kehamilan
Kafein dan nikotin bisa menjadi beracun jika dikonsumsi berlebihan selama hamil. Setidaknya, ibu hamil pun mengonsumsi dua cangkir kopi sehari saja. Jika diminum berlebihan, ibu berisiko melahirkan bayi prematur, keguguran, dan berbagai komplikasi yang membahayakan.

Keguguran
Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau konsumsi kopi berkafein tinggi berkaitan erat dengan kasus keguguran. Pasalnya janin juga menerima asupan kopi dari plasenta ibu hamil. Namun karena tubuhnya belum sanggup memecah senyawa dalam kopi, janin pun terancam nyawanya.

yy/rimanews.com