14 Rajab 1444  |  Minggu 05 Februari 2023

basmalah.png

Teknik Baru, Wanita Tak Subur Bisa Hamil

Teknik Baru, Wanita Tak Subur Bisa HamilFiqhislam.com - Sebuah teknik baru memberikan kesempatan kepada wanita bisa memiliki anak mesti sudah tak subur (infertil) karena tak lagi bisa menghasilkan telur. Di Jepang, wanita yang tak subur menggunakan berhasil melahirkan bayi.

Menurut penelitian di dalam Proceedings Of The National Academy Of Sciences, seorang wanita kedua juga telah hamil dengan metode yang sama seperti dikutip AsiaOne, Rabu (2/10/2013).

Para peneliti mengingatkan bahwa teknik ini masih dalam tahap awal, tapi bisa menawarkan harapan bagi wanita muda yang ovariumnya tak lagi memproduksi telur.

Kondisi ini dikenal dengan insufisiensi ovarium primer, yang memengaruhi sekitar 1 persen wanita dan menyebabkan ovarium berhenti bekerja sebelum usia 40. Penelitian tersebut berlangsung di Jepang dan melibatkan 27 wanita dengan insufisiensi ovarium primer.

Rata-rata usia wanita ini adalah 37 tahun dan berhenti menstruasi hampir tujuh tahun lebih cepat.

Teknik tersebut mengembangkan lima telur matang dan peneliti melakukan fertilisasi in vitro menggunakan sperma dari pasangan perempuan itu. Seorang perempuan menerima dua embrio dan berhasil hamil dengan kelahiran melalui operasi caesar karena janin dalam posisi sungsang. [yy/liputan6.com]