pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


3 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 13 Juni 2021

5 Dampak Buruk Sepatu Bertumit Tinggi

5 Dampak Buruk Sepatu Bertumit TinggiFiqhislam.com - Mengenakan sepatu bertumit tinggi diakui memang ampuh membuat seorang perempuan merasa seksi karena bertubuh lebih tinggi bak seorang model. Maka itu, penggunaan sepatu jenis ini pun semakin umum di kalangan perempuan.

Namun, ternyata ada bahaya tersembunyi dari sepatu bertumit tinggi bagi kesehatan kaki, apa sajakah itu?

1. Masalah yang paling umum adalah pembentukan kapalan pada kaki yang disebabkan oleh tekanan pada kulit .

2. Sepatu tumit tinggi akan meremas jari-jari kaki dan menyebabkan capsulitis yakni peradangan pada sendi yang terjadi karena jari-jari yang terlalu saling menempel hingga menyebabkan syaraf terjepit.

3. Perempuan yang memakai sepatu tumit tinggi memiliki risiko menderita Achilles tendonitis yang disebabkan peregangan tendon Achilles yang berlebihan saat melepas sepatu hingga tumit menyentuh lantai.

4. Sepatu tumit tinggi juga diketahui menyebabkan peradangan pada jaringan ikat di bagian bawah kaki atau plantar fasia.

5. Bila Anda memakai sepatu dengan hak terlalu tinggi, kaki Anda akan bergeser ke depan sehingga membuat jari-jari kaki berjejalan dan mendistribusikan berat badan Anda ke bagian tubuh yang salah. Berat pada jari-jari kaki itu akan menyebabkan tubuh untuk miring ke depan, dan untuk menyeimbangkannya, perempuan biasanya cenderung menegakkan tubuh ke belakang sehingga menyebabkan nyeri punggung.

Pada akhirnya, kebiasaan itu akan membuat postur tubuh yang tidak ideal karena menempatkan tekanan pada lutut, pinggul, dan punggung bawah. Ini dapat memberikan tekanan pada syaraf belakang Anda dan dapat menyebabkan kondisi yang disebut linu panggul, di mana syaraf terjebak sehingga menimbulkan mati rasa dam nyeri pada kaki.

Studi ini dipublikasikan secara online di Clinical Psychology Review edisi Oktober 2013. [yy/metrotvnews.com]