pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


14 Dzulqa'dah 1442  |  Kamis 24 Juni 2021

Cantik dengan Sengat Lebah Bisa Berbahaya...

Cantik dengan Sengat Lebah Bisa Berbahaya...Fiqhislam.com - Lebah merupakan salah satu hewan yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Saat ini, terapi sengat lebah tidak hanya digemari karena bisa mengobati berbagai penyakit, tapi juga menjaga kecantikan wanita.

Baik madu, racun lebah (venom), liur atau perekat sarangnya (propolis), susu lebah (royal jelly), hingga benang sari bunga (pollen) yang dibawa oleh hewan serangga ini dapat digunakan untuk membuat wanita semakin percaya diri. Namun sebelum melakukan sengat lebah demi tampil cantik, ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Apa saja?

1. Alergi
Ahli apitherapy, Wima M. Harsono, Akp, menuturkan, alergi merupakan hal utama yang penting diperhatikan, terutama alergi obat. "Kalau alergi obat, 60% alergi lebah kalau alergi obat. Obat apa pun. Kalau orang normal cuma 1% sampai 2% akan terkena alergi. Makanya kalau dia alergi lebih hati-hati dan dianjurkan minum bee pollen dulu selama 3 bulan baru terapi sengat lebah," ungkap Wima saat berbincang dengan Wolipop di tempat prakteknya kawasan Klender, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2013).

2. Hamil Muda
Saat wanita usia kehamilannya baru memasuki trimester pertama (1-4 bulan), Wima menyarankan agar tidak melakukan terapi sengat lebah. Wanita yang hamil muda rentan keguguran bila sang terapis tidak tahu mengenai hal tersebut. Oleh sebab itu, saat melakukan terapi ini, Anda disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatakan mengenai kondisi Anda.

3. Tekanan Darah
Penting memperhatikan tekanan darah sebelum melakukan terapi sengat lebah. Bila tensi kurang dari 100, sengatan tidak langsung dilakukan pada bagian yang akan diobati tapi cukup di tangan lebih dulu. Tensi rendah tentu mempengaruhi daya tahan tubuh dan Anda tak dianjurkan melakukan sengat lebah saat kondisi melemah.

4. Menstruasi
Pria 51 tahun itu menuturkan, saat menstruasi daya tahan tubuh berkurang, efek sampingnya bisa membuat Anda panas dalam. "Kalau lagi menstruasi bisa meriang karena daya tahan tubuh lagi lemah, sengatan lebah akan melemahkan sementara dan menguatkan nantinya. Istilahnya bibit yang melemahkan untuk mendapatkan pertahanan yang lebih bagus. Tapi ini bukan bibit tapi racun yang sifatnya organik," ujar pria lulusan Fakultas Biologi Universitas Sudirman Purwekerto itu.

5. Penyakit Bawaan
Menurut pria yang pernah bekerja di perusahaan farmasi Philipina itu, penyakit bawaan juga perlu diketahui di awal melakukan terapi. Pemeriksaan penyakit ini juga berguna untuk kesehatan Anda ke depannya.

6. Istirahat dan Makan Cukup
Lebah memiliki sifat melemahkan tubuh untuk memberikan penguat nantinya. Maka dari itu Anda disarankan istirahat serta makan yang cukup setelah melakukan sengat lebah.

yy/wolipop.com