pustaka.png
basmalah.png


11 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 21 Juni 2021

Mau Melahirkan Tanpa Sakit?

Mau Melahirkan Tanpa Sakit?Fiqhislam.com - Adalah hal yang wajar jika seorang wanita yang baru pertama hamil akan mengalami kekhawatiran saat akan melahirkan nantinya. Wanita hamil ini sebelumnya sudah terpapar oleh cerita dari orang lain soal melahirkan.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami kehamilan pertama dan dalam waktu dekat akan segera melahirkan, jangan khawatir, sebab ketakutan tersebut bisa diatasi dengan teknik hipnobirthing atau terapi khusus yang bertujuan untuk menghilangkan masalah-masalah emosional yang timbul sebelum proses melahirkan. 

 
"Takut sebelum melahirkan itu wajar. Para klien saya mengaku rasa takut itu muncul akibat pengalaman sebelumnya atau dari mulut ibu yang mengatakan persalinan itu sakit. Itu yang mensugesti diri sehingga rasa sakit terasa, bisa diatasi dengan hypnobirthing," ungkap Hipnoterapis di Lembaga Adi W, Gunawan, Agus Wirajaya S.E, S.Ag, C.Ht-QHI.,C.T.
 
Menurut Agus, terapi ini sebaiknya mulai dijalankan saat usia kandungan memasuki bulan ke-28 sampai 31 minggu. Hal ini dikarenakan di usia tersebut, kondisi bayi sudah mulai terbentuk sempurna.
 
Agus menguraikan untuk hipnobirthing, "Pertama kali terapi, kami (hipnoterapi) mengingatkan tentang kodrat perempuan untuk melahirkan. Namun harusnya tidak perlu takut karena Tuhan sudah mempersiapkan tubuh perempuan luar biasa untuk siap mengahadapi proses itu."
 
Menurut Aus, wanita zaman sekarang lebih percaya dengan kekuatan alat bukan dengan Tuhan, sehingga memilih melahirkan dengan proses operasi atau caesar karena rasa takut tersebut.
 
"Padahal tubuh dan pikiran kita itu luar biasa diciptakan Tuhan dan bisa diatasi sendiri asal percaya dan yakin. Dengan teknik Hypnobirthing kami membantu para wanita menghilangkan gangguan emosi dan pikirannya," jelasnya.
 
Setelah langkah konsultasi, metode terapi ini dilanjutkan dengan latihan relaksasi, gerak, pernapasan, serta pemijatan berpasangan, menurut Agus lamanya terapi disesuaikan dengan kesiapan sang ibu atau sampai proses persalinan tiba.
 
"Biasanya pemijatan itu menjadi spesial karena itu membuka komunikasi antara suami istri, dan membuat mereka semakin intim lagi dan timbul rasa tenang dan semakin nyaman, lamanya terapi tergantung ibu kalau sudah siap ya tinggal tunggu waktu persalinannya saja," kata Agus menjelaskan.
 
Menurut Agus, Hypnobirthing bukan hanya sekadar menghilangkan rasa sakit saat proses persalinan tetapi membuatnya terasa lebih menyenangkan dan membuat pasangan menjadi siap untuk memulai kehidupan baru.
 
“Hamil sembilan bulan itu tidak mudah, setelah melahirkan mereka hanya punya waktu 2 hari untuk istirahat, setelah itu harus begadang lagi. Tapi kalau proses pesalinan dilewati dengan menyenangkan tanpa beban, maka semuanya akan berjalan lancar," ujar Agus. [yy/aktual.co]