5 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 29 Nopember 2022

basmalah.png

5 Perangkap Diet yang Paling Umum

5 Perangkap Diet yang Paling UmumFiqhislam.com - Seseorang tanpa disadari sering melakukan kesalahan-kesalahan saat makan. Untungnya, kesalahan tersebut bisa diperbaiki. Ahli Nutrisi Susie Burrell mengatakan, ada lima kesalahan yang umum dilakukan orang saat makan seperti dikutip Body and Soul, Senin (6/1/2014).

1. Makan kurang bergizi saat sarapan

Makan sarapan dibutuhkan gizi yang baik, keseimbangan nutrisi yang salah bisa membuat Anda rentan makan berlebihan di kemudian hari atau menjelang siang sehingga menyebabkan rasa lapar yang berlebihan.

Mengapa itu terjadi? Sereal dan roti panggang polos merupakan pilihan karbohidrat yang cepat. Idealnya, Anda perlu menambahkan protein dan sarapan sereal agar kenyang di pagi hari.

Solusi: Tambahkan telur, kacang panjang atau keju dalam roti panggang Anda atau tambahkan bubuk protein di dalam susu untuk meningkatkan kadar protein dalam sarapan Anda.

2. Kurang sayuran saat makan siang

Salad dan saturan yang dikemas dengan air dan serat makanan bisa membantu diet dan membuat Anda terasa kenyang. Mengapa ini terjadi? Sandwich plain, sushi, dan sup cenderung kurang akan protein dan sayuran, yang membuat Anda mencari sesuatu yang lebih setelah makan siang selesai.

Solusi: Selalu bawa wortel, seledri, untuk camilan makan siang Anda atau memesan menu tambahan ketika Anda makan di luar untuk memastikan Anda setidaknya memakan satu porsi salad atau sayuran di makanan Anda.

3. Terlalu banyak kopi

Kopi memiliki beberapa efek samping dan mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, tapi kalau dikonsumsi pada waktu yang salah, terlalu banyak susu dan gula, kopi jadi tak dibutuhkan.

Mengapa itu terjadi? Minum kopi memang menyenangkan. Minum kopi saat istirahat bisa membantu Anda dan tampaknya menjadi kebiasaan yang relatif tak berbahaya. Masalahnya, kopi berbahan dasar susu bisa mengganggu sinyal lapar dan kenyang secara alami di tubuh Anda dan menyebabkan penambahan berat badan.

Solusinya: Batasi hanya satu atau dua cangkir kopi dengan susu dalam sehari dan cobalah minum bersama makanan. Sisipkan minum kopi hitam polosan atau teh hijau di antaranya.

4. Makan malam terlambat

Umum bagi keluarga makan pukul 21.00 atau 22.00 tapi tubuh harus memiliki 10 sampai 12 jam tanpa makanan semalam untuk mengatur berat badan dan mengendalikan nafsu makan.

Mengapa itu terjadi? Gaya hidup yang super sibuk dan macet panjang di jalanan menjadi dua alasan kenapa orang makan di rumah lebih terlambat dibanding 20 tahun lalu.

Solusi: Makan besar saat makan siang dan sisipi sup dan salat ketika Anda kelaparan setelah pukul 20.00

5. Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat tampaknya mengarah pada konsumsi yang berlebihan.

Mengapa terjadi? Terlalu banyak pekerjaan membuat jam makan menjadi sesuatu yang dimasukkan dalam daftar yang harus dikerjakan.

Solusi: Setidaknya habiskan 20 menit duduk untuk menikmati makanan Anda. Berlatihkan meletakkan pisau dan garpu Anda di bawah setiap satu tegukan dan kunyahan setiap suapan 20 kali. Penelitian menunjukkan, Anda bisa makan hingga 500 kilojoule kurang per makannya hanya dengan melambat.

Tips makan

Jika Anda pulang terlalu malam dan perlu makanan cepat dan mudah. Sayangnya, banyak pilihan makanan cepat seperti makanan beku, mie, dan pasta bukan termasuk pilihan terbaik. Sebaliknya, cobalah makanan cepat saji dengan bahan sayuran dan protein agar menjaga asupan bahan bakar lebih rendah di malam hari. Pilihan yang baik termasuk babekyu dan salad, kentang diisi tuna, dan omelet.

yy/liputan6.com